Dudung Abdurachman Berpeluang Gantikan Andika Perkasa Sebagai KSAD

Image title
3 November 2021, 20:04
Andika perkasa
Katadata
Pangkostrad Letnan Jenderal Dudung Abdurrachman. Sumber: https://tniad.mil.id/

Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal Dudung Abdurachman dinilai berpeluang besar menggantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Andika sebagai Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun. Analis intelijen dan keamanan Universitas Indonesia Stanislaus Riyanta mengatakan Dudung merupakan kandidat paling menonjol. Posisi Dudung sebagai Pangkostrad sangat strategis dalam tubuh TNI sehingga memiliki peluang yang cukup besar. 

Menurutnya posisi tersebut merupakan suatu prestasi yang sudah diputuskan melalui banyak pertimbangan. Selain itu, jabatan Dudung sebagau Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jayakarta pada periode 2020—2021 juga memperkuat peluangnya.

"Yang jelas ketika menjadi Pangdam Jaya Letjen Dudung mampu mengamankan Ibukota dengan baik, kerjasama dengan Polri dan Pemprov juga dilakukan sangat baik," ujar Stanislaus kepada Katadata pada Rabu (3/11).

Pengamat militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi  mengatakan selain Dudung terdapat nama lain untuk mengisi jabatan KSAD. Khairul mengatakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono layak dipertimbangkan untuk menggantikan Andika. 

Eko dinilai memiliki keunggulan tersendiri karena masa pensiunnya satu tahun lebih lama dari Dudung, yaitu tahun 2023. Sedangkan Dudung akan memasuki masa pensiun pada tahun 2022.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...