DPR Akan Panggil Manajemen Garuda Indonesia Pekan Depan

Image title
4 November 2021, 14:20
Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900neo bercorak khusus yang menampilkan visual masker pada bagian moncong pesawat berada di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (1/10/2020). Pemberian gambar masker pada pesawat merupa
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Pesawat Garuda Indonesia Airbus A330-900neo bercorak khusus yang menampilkan visual masker pada bagian moncong pesawat berada di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (1/10/2020).

Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berencana memanggil manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dalam waktu dekat.

Anggota Komisi VI DPR Martin Manurung mengatakan akan meminta laporan dari manajemen Garuda terkait pengelolaan keuangan mereka. Jika tidak ada perkembangan yang signifikan dalam laporan manajemen Garuda, maka bukan tidak mungkin akan dilakukan audit forensik terhadap manajemen Garuda. Bahkan bila diperlukan akan dibentuk panitia khusus untuk menangani permasalahan Garuda.

Ketua Komisi VI DPR Faisol Riza mengatakan akan pemanggilan manajemen Garuda akan dilakukan pada minggu depan. Namun, dirinya enggan mengatakan secara spesifik tanggal pemanggilan. Dirinya juga mengatakan sejauh ini belum ada perkembangan terkait pembentukan panitia khusus (pansus)untuk menangani permasalahan Garuda.

"Minggu depan kita panggil Garuda," ujar Faisol kepada Katadata pada Kamis (4/11).

Sebelumnya, Anggota DPR Fraksi PKS Dapil Jawa Timur IV Amin AK mendesak agar Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) membentuk panitia khusus (pansus) untuk mendalami krisis keuangan Garuda Indonesia.

Ia mengatakan kondisi yang tengah dialami oleh Garuda merupakan pelanggaran terhadap prinsip good corporate governance. Amin mendorong agar tim pansus bersama dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit investigasi secara menyeluruh dan mengungkap secara terang kondisi yang tengah dialami Garuda.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...