Andika Perkasa Akan Hadapi Tes Calon Panglima TNI Sabtu Mendatang

Image title
4 November 2021, 18:00
Panglima TNI
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru Jenderal TNI Andika Perkasa

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan melakukan sidang uji kelayakan terhadap Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI pada Sabtu (6/11).. Andika akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar, Bobby Rizaldi mengatakan besok Jumat (5/11) akan melakukan tahap verifikasi. DPR juga sudah menjadwalkan sidang paripurna untuk meminta persetujuan dari seluruh anggota DPR pada Senin (8/11) mendatang. Pelantikan Andika sebagai Panglima TNI juga kemungkinan dapat dilakukan pada hari yang sama. 

Advertisement

"Jadi kalo bisa paripurnanya itu pagi. Sore udah ada pelantikan," ujar Bobby kepada wartawan di kompleks parlemen pada Kamis (4/11).

Bobby mengatakan Komisi I masih menunggu dokumen Badan Musyawarah (Bamus) sehingga pada hari Sabtu proses penugasan sudah diterima dan verifikasi dokumen telah selesai. Dalam proses verifikasi, akan dilakukan pemeriksaan administrasi seperti Laporan Pajak, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Curriculum Vitae (CV) dan kelengkapan lainnya.

Hal ini agar fungsi anggaran dan prioritas pertama yang akan dilakukan oleh Panglima TNI seperti pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) tahap tiga dan juga transisi hingga tahun 2022 sudah ditetapkan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement