Bocoran Uji Kelayakan Andika Perkasa: Soal Anggaran dan Kesejahteraan

Image title
5 November 2021, 17:32
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad ) Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) didampinginya istri Diah Erwiany (tengah) menjeguk istri seorang anggota TNI AD yang sakit dan dirawat di RS Tentara Wira Sakti, Kupang, NTT, Rabu (9/12/19). Kedatangan Kasad ke RS t
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad ) Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) didampinginya istri Diah Erwiany (tengah) menjeguk istri seorang anggota TNI AD yang sakit dan dirawat di RS Tentara Wira Sakti, Kupang, NTT, Rabu (9/12/19).

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masih menunggu materi presentasi Jenderal Andika Perkasa menjelang uji kelayakan sebagai calon Panglima TNI pada besok Sabtu (6/11).

Anggota Komisi I Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha mengatakan dokumen berupa materi presentasi Andika itu terkait visi, misi dan program jika terpilih menjadi Panglima TNI. Materi tersebut nantika akan dibahas dalam agenda uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu (6/11) mendatang.

Andika memiliki waktu hingga besok sebelum dilakukannya agenda uji kepatutan dan kelayakan. Berkas tersebut diminta oleh Komisi I DPR agar dapat dipelajari mengenai visi dan misi serta program yang akan dicanangkan oleh Jenderal Andika dalam masa jabatannya nanti.

"Besok selambat lambatnya sebelum rapat itu sudah diterima," ujar Syaifullah kepada wartawan pada Jumat (5/11) di kompleks parlemen.

Dari materi tersebut nantinya Andika akan diberi kesempatan untuk melakukan realokasi anggaran TNI untuk tahun 2022. Nantinya terkait realokasi tersebut Komisi I akan meminta Andika untuk menjelaskan program apa saja yang akan dicanangkannya.

Syaifullah mengatakan Komisi I akan menyoroti mengenai kesejahteraan prajurit TNI dan juga rencana penanganan pandemi Covid-19. Pihaknya ingin melihat bagaimana Jenderal Andika dapat mengelola dan memaksimalkan dana anggaran yang sudah ditetapkan.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...