Ini 17 Jenderal Bintang Tiga Calon Pengganti Andika Perkasa

Image title
9 November 2021, 12:31
Guru Militer memberikan pengetahuan kepada siswa Pendidikan Kejuruan Bintara (Dikjurba) Korps Peralatan TNI AD sebelum praktik bongkar pasang rantai tank AMX-13 APC di Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal) Kodiklat TNI Angkatan Darat, Kota Cimahi, Jawa B
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Guru Militer memberikan pengetahuan kepada siswa Pendidikan Kejuruan Bintara (Dikjurba) Korps Peralatan TNI AD sebelum praktik bongkar pasang rantai tank AMX-13 APC di Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal) Kodiklat TNI Angkatan Darat, Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021).

Pengangkatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menyisakan teka-teki soal penggantinya di matra Angkatan Darat. Sebanyak 17 jenderal bintang tiga punya peluang sama besar untuk menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru.  

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigadir Jenderal Tatang Subarna mengatakan penentuan KSAD ada di tangan presiden sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Merujuk pada Pasal 14 Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI disebutkan bahwa Kepala Staf Angkatan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Panglima TNI.

Advertisement

"Kita tunggu dengar juga," ujar Tatang kepada Katadata pada Selasa (9/11).

Tatang melanjutkan seluruh pejabat TNI berbintang tiga memenuhi syarat sebagai kandidat KSAD. Saat ini terdapat 17 perwira TNI berbintang tiga atau berpangkat Letnan Jenderal di matra AD. 

Dari 17 perwira tersebut, salah satu nama yang digadang-gadang akan naik pangkat adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal Dudung Abdurachman.

Analis intelijen dan keamanan Universitas Indonesia Stanislaus Riyanta mengatakan Dudung merupakan kandidat paling menonjol sebab posisinya sebagai Pangkostrad sangat strategis dalam tubuh TNI.

Menurutnya posisi tersebut merupakan suatu prestasi yang sudah diputuskan melalui banyak pertimbangan. Selain itu, jabatan Dudung sebagau Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) Jayakarta pada periode 2020—2021 juga memperkuat peluangnya.

"Yang jelas ketika menjadi Pangdam Jaya Letjen Dudung mampu mengamankan Ibukota dengan baik, kerjasama dengan Polri dan Pemprov juga dilakukan sangat baik," ujar Stanislaus kepada Katadata pada Rabu (3/11).

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement