Menlu Inggris Kunjungi Indonesia Bahas Soal Keamanan dan Investasi

Rezza Aji Pratama
11 November 2021, 10:34
Menlu Inggris Liz Truss
Katadata
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. Sumber: https://www.gov.uk/

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss berada di Jakarta untuk kunjungan dua hari (11-12 November) untuk memperkuat relasi kedua negara.

Liz Truss akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi guna membicarakan soal diplomasi ekonomi, dialog perdagangan dan teknologi, serta isu-isu kebijakan luar negeri.

Advertisement

“Ada banyak potensi kerjasama dalam hubungan Inggris dan Indonesia dan saya ingin memperdalam kemitraan kedua negara," ujarnya, dalam keterangan resmi, Kamis (11/11).

Liz Truss menyebut hubungan yang lebih dalam dengan Indonesia akan mendatangkan manfaat bagi kedua negara. Truss melihat Indonesia sebagai mitra penting untuk visi “Global Britain".

Status Indonesia sebagai negara demokrasi, sesama pendukung lembaga dan hukum internasional dan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia membuat peran Indonesia sangat signifikan. Truss menyebut Indonesia diperkirakan akan meningkatkan Pendapatan Domestik Bruto - PDB (PPP- Purchasing Power Parities) lebih dari lima kali lipat atau sebesar 532% antara tahun 2020 dan 2050.

Selama kunjungannya ke Indonesia Menlu Truss akan meluncurkan kelompok kerja gabungan pertama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang bekerja untuk melawan ekstremisme. Ia juga akan mengunjungi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memfasilitasi kolaborasi lebih lanjut dalam menangani kejahatan siber, keamanan, dan peningkatan kapasitas.

Dari sisi ekonomi, kedua negara akan menyelenggarakan dialog “Build Back Better World” dengan para eksekutif senior di bidang keuangan, untuk mempromosikan investasi di Indonesia.

Menlu Truss juga akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim untuk menindaklanjuti penetapan Inggris menjadi status mitra dialog, serta membahas kerja sama untuk mengatasi krisis yang sedang berlangsung di Myanmar.

Kunjungan ini menyusul kedatangan dari Carrier Strike Group Inggris beberapa waktu lalu ke wilayah ini, serta keberhasilan latihan bersama Angkatan Laut Inggris dengan TNI AL pada saat kunjungan kapal AL Inggris HMS Richmond pada bulan Oktober.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement