BSSN Bertemu Menlu Inggris Bahas Keamanan Siber Hingga Kripto

Image title
12 November 2021, 19:35
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian (kanan) bersama Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia (kiri) mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senay
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian (kanan) bersama Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia (kiri) mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Menteri Luar Negeri Inggris Elizabeth Truss bertemu dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian untuk memperkuat kerjasama kedua negara terkait kejahatan siber. 

Hinsa mengatakan ia dan Truss saling bertukar pendapat mengenai tata kelola ancaman siber internasional dan membahas strategi keamanan siber. Keduanya juga membahas kerjasama internasional mengenai tata kelola internet sebelum kemudian sepakat untuk meningkatkan upaya melindungi infastruktur nasional.

Advertisement

Melalui Digital Access Programme, Inggris mendukung sektor kesehatan Indonesia dalam perlindungan data dan respons insiden. Dukungan tersebut bernilai 200.000 poundsterling atau sekitar Rp 4 miliar dari total keseluruhan program pada tahun ini yaitu 3 juta poundsterling atau sekitar Rp 60 miliar.

"Kita mendorong terwujudnya keamanan dan stabilitas siber bagi suatu negara yang terbuka, aman, dan damai di tingkat global,{ ujar Hinsa seperti dikutip dalam keterangan resmi pada Jumat (12/11).

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Lester, Owen Jenkins mengatakan perluasan kerjasama dalam bidang siber dilakukan untuk mengambil tindakan terhadap keamanan siber di sektor kesehatan dan lainnya. Kedepannya pemerintah Inggris ingin melihat perkembangan teknologi di Indonesia berkembang secara global.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement