Maruli Menantu Luhut Jadi Kandidat Kuat Pangkostrad

Rezza Aji Pratama
17 November 2021, 13:33
Maruli Simanjuntak
TNI AD
Maruli Simanjuntak

Tiga Panglima Daerah Militer (Pangdam) menjadi kandidat kuat pengganti Letnan Jenderal Dudung Abdurrachman sebagai Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Pengamat militer Ade Muhammad mengatakan ketiga jenderal bintang dua itu adalah Pangdam Jaya Mulyo Aji, Pangdam Udayana Maruli Simanjuntak, dan Pangdam Cenderawasih Ignatius Yogo Triyono. Ia menilai ketiganya punya peluang sama besar untuk menjadi Pangkostrad. 

“Kuda hitamnya adalah Pangdam Cenderawasih karena tugasnya berat sekali,” ujarnya, kepada Katadata, Rabu (17/11).

Ade mengatakan secara tradisi Pangkostrad biasanya memang berasal dari Pangdam. Meskipun beberapa kali Pangkostrad dijabat oleh sosok selain Pangdam. Jenderal Andika Perkasa misalnya, jadi Komandan Kodiklatad sebelum naik pangkat sebagai Pangkostrad. Letjen Prabowo Subianto juga mengawali karirnya sebagai Pangkostrad dari Komandan Kopassus. 

Sumber Katadata menyebut Mayjen Maruli Simanjuntak jadi kandidat paling kuat sebagai Pangkostrad. Ini tidak terlepas dari modal politiknya. Maruli merupakan menantu Menteri Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Selain itu, ia juga pernah jadi Komandan Paspampres yang membuatnya dekat dengan lingkaran Istana. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...