Fraksi PDIP Tunjuk Bambang Wuryanto Jadi Ketua Komisi III DPR

Bambang Wuryanto merupakan salah satu loyalis Puan Maharani yang sering beririsan dengan para pendukung Ganjar Pranowo terkait dengan pencalonan presiden di 2024.
Image title
18 November 2021, 14:14
PDIP
ANTARA FOTO/Reno Esnir/nz
Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto (kanan) didampingi Sekretaris Fraksi Bambang Wuryanto (kiri) memberikan keterangan soal pencopotan Rieke Diah Pitaloka dari jabatan Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg).

Fraksi PDI Perjuangan menunjuk Bambang Wuryanto sebagai Ketua Komisi III DPR RI menggantikan Herman Herry yang dipindahkan menjadi anggota Komisi VII DPR RI.

Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh anggota Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno. “Iya betul,” ujarnya dikutip dari Antara, Kamis (18/11). 

Hendrawan belum bisa memastikan waktu serah terima jabatan antara Bambang Wuryanto dan Herman Herry dilakukan. Dia hanya mengatakan proses serah terima jabatan tersebut akan dilakukan dalam waktu yang tidak lama.

Saat ini Bambang Wuryanto masih menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI. Pihak PDIP belum memberikan keterangan resmi alasan dibalik rotasi anggota fraksi tersebut. 

Bambang Wuryanto merupakan salah satu loyalis Puan Maharani. Ia beberapa kali bersitegang dengan kubu pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bambang pernah menyebut loyalis Ganjar sebagai celeng, alih-alih banteng yang jadi logo PDIP. 

Menanggapi kabar rotasi tersebut, Ganjar Pranowo menyampaikan ucapan selamat kepada Bambang Wuryanto.

"Selamat untuk Mas Bambang Pacul menjadi Ketua Komisi III, mudah-mudahan bisa memberikan reformasi kepada bidang yang ada di sana," kata Ganjar di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap, Kamis (18/11), dikutip dari Antara.

Ganjar berharap Bambang bisa memberikan reformasi di Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keamanan.

"Bidang yang ada di sana (Komisi III DPR RI) itu soal penegakan hukum, soal seluruh 'terminal justice' sistem itu ada di sana. Mudah-mudahan amanah,” ujarnya.

Ganjar juga tidak meragukan kemampuan Bambang memimpin Komisi III DPR RI, Ganjar menegaskan bahwa yang bersangkutan memiliki pengalaman yang luar biasa di bidang ini.

 

Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait