DPR Desak KPU Segera Tetapkan Jadwal Pemilu 2024

Image title
18 November 2021, 14:50
Sejumlah pelajar mengikuti proses pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dengan menggunakan sistem pemungutan suara elektronik (e-voting) di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Aceh Barat, Aceh, Sabtu (16/1/2021). Pihak sekolah bekerjasam
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Sejumlah pelajar mengikuti proses pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dengan menggunakan sistem pemungutan suara elektronik (e-voting) di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Aceh Barat, Aceh, Sabtu (16/1/2021).

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menetapkan jadwal Pemilu 2024 tanpa menunggu hasil seleksi penyelenggara. 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi PKB, Luqman Hakim mengatakan penetapan yang terlalu lama akan menyulitkan persiapan pelaksanaan tahapan  pemilu 2024. Ini terutama terkait dengan  penyusunan aturan teknis pemilu dan pengalokasian anggaran kegiatan tahapan dari APBN.

Advertisement

Luqman menyebut pandemi COVID-19 dan kompleksitas pemilu karena adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak tidak menjadi alasan untuk menunda penetapan jadwal Pemilu. Luqman kemudian meminta agar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menkopolhukam Mahfud MD segera  menjalankan arahan Presiden untuk menetapkan tanggal pemilu 2024 secepatnya.

Presiden Joko Widodo melalui Mahfud pada September lalu memberi instruksi agar segera ditetapkan simulasi tanggal Pemilihan Umum dan Pilkada tahun 2024. Jokowi meminta agar tidak terpengaruh oleh isu seperti amandemen, perpanjangan jabatan dan sebagainya.

Menurut Luqman, semakin cepat tanggal pemilu 2024 ditetapkan, maka berbagai kompleksitas pemilu 2024 dapat diatasi. 

"Sebaliknya, semakin lama penetapan tanggal pemilu 2024 dibiarkan terkatung-katung, maka bangsa ini tidak akan memiliki kesiapan yang matang dalam menyelenggarakan pemilu dan pilkada serentak 2024," ujar Luqman kepada Katadata pada Kamis (18/11).

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement