Kemenhan Beli AirBus, PT DI Harus Dapat Kontrak Produksi Komponennya

Image title
18 November 2021, 19:31
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (depan) dan Dirut PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Elfien Goentoro (belakang) berada di dalam kokpit pesawat N-219, di Hanggar PTDI, Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021). PTDI menargetkan pada 2021 dapat menyelesaikan
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (depan) dan Dirut PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Elfien Goentoro (belakang) berada di dalam kokpit pesawat N-219, di Hanggar PTDI, Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021).

Pengamat militer berharap pembelian pesawat Airbus A400M akan dibarengi dengan keterlibatan PT Dirgantara Indonesia (DI) untuk memproduksi komponen pesawat. 

Pakar intelijen dan militer Ade Muhammad mengatakan PT DI merupakan sub-kontraktor untuk industri pesawat terbang seperti Airbus, Boeing dan lainnya. Apalagi menurut Pasal 44 Undang-Undang nomor 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, pengadaan  peralatan pertahanan harus dilakukan dengan
kontrak jangka panjang. 

"Secara bisnis ekonomis, saya berharap PT DI dan industri nasional mendapatkan order spareparts dan komponen bukan saja untuk A400M saja tetapi banyak jenis pesawat buatan Airbus," ujar Ade kepada Katadata pada Kamis (18/11).

Menurut Ade, banyak yang bisa dilakukan oleh PT DI sebagai industri penerbangan nasional. Contohnya adalah pembuatan leading edge pesawat Airbus. Ade mencontohkan pada era Presiden BJ Habibie yang sukses mendapatkan pesanan komponen berupa satu batch produksi F-16 dari  Angkatan Udara Amerika Serikat atay United States Air Force (USAF) dan TNI Angkatan Udara.

Terkait pembelian AirBus A400M, Ade menyebut pesawat ini merupakan alat angkut strategis yang meskipun mahal tetapi memiliki fleksibilitas tinggi dan jangkauan yang lebih baik.  Secara taktis TNI akan dilengkapi sebuah sistem angkut modern yang mulai menggantikan generasi lama Hercules C130.

"Airbus A400Secara strategis dapat meningkatkan operasi militer kita," ia menambahkan..

Sebelumnya, Prabowo mengatakan pesawat A400M adalah pesawat yang dapat meningkatkan kemampuan taktis udara-ke-udara TNI Angkatan Udara karena memiliki banyak manfaat. Pesawat A400M diklaim punya kemampuan untuk mengirimkan muatan besar dan berat ke daerah-daerah terpencil.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...