Sidang Gugatan Merek GoTo Ditunda, Akan Dilanjutkan Pada 30 November

Image title
19 November 2021, 13:22
Pengemudi daring Gojek membawa kemasan paket dari Tokopedia di Titipaja Warehouse, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan kolaborasi bisnis yang dilakukan oleh dua startup raksasa Gojek dan Tokopedia, melalui pembentukan GoTo
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Pengemudi daring Gojek membawa kemasan paket dari Tokopedia di Titipaja Warehouse, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Sidang lanjutan gugatan yang diajukan oleh PT Terbit Financial Technology terhadap hak merek GoTo milik Gojek dan Tokopedia di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Kamis (18/11) harus ditunda lantaran masih ada persyaratan formil yang belum terpenuhi.

Kuasa Hukum PT Terbit, Irfan Melayu mengatakan syarat formil yang belum terpenuhi adalah pemanggilan dari pengadilan terhadap Direktorat Merek dan Indikasi Geografis Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Irfan mengatakan meski tidak harus hadir, pihak Kemenkumham tetap harus dipanggil oleh pengadilan sebagai pemenuhan syarat formil.

"Jadi sebenernya mereka [Kemenkumham] boleh memilih untuk tidak hadir karena merekakan bukan tergugat ya," ujar Irfan kepada Katadata pada Jumat (19/11).

Hal tersebut lantas membuat sidang harus ditunda dan dijadwalkan kembali pada 30 November mendatang dengan agenda pembacaan gugatan. Irfan mengatakan pada agenda Kamis kemarin pihak dari Gojek dan Tokopedia juga hadir dengan K&K sebagai kuasa hukum mereka.

Sebelumnya, Corporate Affairs GoTo Astrid Kusumawardhani mengatakan, Gojek dan Tokopedia memiliki hak dalam menggunakan dan memanfaatkan merek GoTo sebagaimana mestinya. Hal ini disebutnya sudah sesuai dengan data yang ada di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham.

Berdasarkan data DJKI, Gojek dan Tokopedia mendaftarkan merek GoTo pada sejumlah kelas, diantaranya kelas 9, yakni software dan mobile apps, kelas 36 yakni layanan finansial, serta kelas 39 yakni transportasi dan logistik.

Namun, PT Terbit Financial Technology juga mendaftarkan merek GOTO dan telah berstatus didaftar di DJKI pada 25 Mei.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...