BPOM Akan Rekrut Dua Jenderal Polisi untuk Deputi Penindakan

Rezza Aji Pratama
23 November 2021, 14:58
BPOM
ANTARA FOTO/Feny Selly/aww.
Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palembang menunjukkan hasil positif makanan yang mengandung formalin pada sidak keamanan pangan yang dilakukan di salah satu pasar swalayan Palembang,Sumatra Selatan, Senin (3/5/2021).

Personel dari Kepolisian RI akan mengisi dua jabatan strategis pada lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan pelibatan kepolisian dalam rangka memperkuat kegiatan pengawasan BPOM. Kebijakan ini diterapkan setelah BPOM melakukan studi komparatif ke Amerika Serikat. Di negara itu, Food and Drug Administration (FDA) memang punya divisi investigasi kriminal yang didukung oleh kepolisian setempat. Selain itu, pelibatan Polri dalam organisasi BPOM juga diizinkan dalam regulasi.

"Kepala Badan POM menyampaikan kepada Bapak Kapolri, bahwa BPOM memiliki organisasi baru yang telah disahkan, beliau membutuhkan dukungan dari Polri," katanya,dikutip dari Antara, Selasa (23/11).

Selanjutnya, kata Dedi, Kepala Balai POM menyampaikan kepada Kapolri ada dua jabatan yang nanti akan diisi dari unsur kepolisian. Yang pertama dari eselon I yaitu Deputi Penindakan dan kedua ada jabatan eselon II.

"Ini yang masih dirumuskan oleh Balai POM nanti Balai POM akan bersurat ke Mabes Polri jabatan akan diisi oleh unsur kepolisian," terang Dedi.

Dedi menyebutkan, dua jabatan tersebut akan diisi oleh perwira tinggi Polri, yakni jenderal bintang dua (Irjen Pol) untuk eselon I dan jenderal bintang satu (Brigjen Pol) untuk eselon II.

Terkait pengisian jabatan tersebut, Dedi mengatakan akan ada seleksi untuk penentuan jabatan eselon satu.

"Ini adalah nanti keputusan Bapak Presiden. Jadi nanti akan ada semacam lelang jabatan terbuka untuk eselon satu. Nanti akan diasesmen, dari hasil asesmen itu nanti akan diajukan ke Bapak Presiden," terang Dedi.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...