Wamenhan Bertemu Menlu Denmark Bahas Kerja Sama Pertahanan

Rezza Aji Pratama
23 November 2021, 16:22
Pertahanan
Katadata

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra bertemu dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Denmark Jeppe Kofod di Kantor Kementerian Pertahanan untuk membicarakan kerjasama bilateral. 

Dalam pertemuan pada Selasa (23/11) tersebut, keduanya membicarakan untuk meningkatkan kerjasama antara kedua negara. Hubungan Indonesia dan Denmark sebelumnya sudah terjalin erat melalui Plan of Action (POA) 2017 – 2020 melalui 3rd Bilateral Forum Indonesia-Denmark di bawah Kementerian Luar Negeri.

Ada juga beberapa kerja sama bidang industri pertahanan serta penandatanganan kontrak untuk Electronic Support Measures (ESM) enam Kapal TNI AL pada Agustus 2021. 

Pada pertemuan tersebut, Wamenhan didampingi oleh Irjen Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, dan Kabaranahan Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari. Adapun pihak Menlu Denmark didampingi Duta Besar Denmark untuk Indonesia Lars Bo Larsen.

Sehari sebelumnya, Wamenhan Herindra juga menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji. Keduanya membahas rencana pengiriman 3 taruna ke Akademi Pertahanan Nasional (NDA) Jepang (2019-2024) yang masing-masing mewakili Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

Selain itu, ada juga rencana pertukaran pendidikan Indonesia-Jepang, 2+2 Ministerial Meeting Forum, rencana kunjungan Kepala Staf Angkatan Darat ke Jepang dan program kerja sama Humanitarian Assistance and Disaster Relief.

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...