Bertemu Kapolri, Panglima TNI Bahas Soal Papua

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berjanji akan mengunjungi Papua pekan depan.
Image title
23 November 2021, 16:35
Panglima TNI dan Kapolri
Katadata
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berbincang dengan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebelum mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/11/2021)

Panglima TNI Andika Perkasa berkoordinasi dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk membahas strategi penanganan konflik di Papua

Andika Perkasa mengatakan mengatakan ia akan segera mengunjungi Papua untuk mengumumkan strategi penanganan Papua. Ia pun bertemu dengan Kapolri di Mabes Polri untuk mematangkan rencana tersebut. 

“Mudah-mudahan minggu depan saya akan ke Papua, akan kami umumkan di sana. Pembahasan Papua tadi jadi utama itu," katanya seusai bertemu dengan Kapolri, Selasa (23/11).

Dalam pertemuan tersebut, kedua pimpinan aparat penegak hukum itu membahas upaya penumpasan kelompok bersenjata tanpa menggunakan pendekatan perang. Ini sesuai dengan yang ia janjikan dalam uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR beberapa waktu lalu. Kala itu, ia menyebut ingin menggunakan diplomasi militer dan pendekatan humanis dalam menyelesaikan persoalan di Papua.

Menurut dia, pembahasan dengan kepala Kepolisian Indonesia tentang cara penanganan masalah-masalah di Papua itu diperlukan agar tidak terjadi tumpang-tindih tugas antara personel TNI dan polisi di Papua. 

"Ini kami bahas cukup detil tadi. Nanti saya akan ke Papua, sekaligus karena Papua termasuk daerah yang cakupan vaksinasinya di bawah 50%," kata dia.

Sementara itu, Kapolri mengatakan, diperlukan perubahan paradigma terhadap pola-pola penanganan terhadap beberapa gangguan kriminalitas seperti di Papua, Poso, dan lain. Ia menyebut Polri dan TNI perlu terus memperkuat sinergi dan soliditas dalam menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait