Gabung Banser, Erick Thohir Disebut Targetkan Pemilih Muslim di 2024

Image title
30 November 2021, 13:39
Erick Thohir jadi anggota Banser
Dok. Kementerian BUMN
Erick Thohir jadi anggota Banser

Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) menjadi indikasi hasratnya untuk maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan kegiatan Erick Thohir bersama Banser tidak lepas dari kalkulasi politik untuk menaikkan elektabilitasnya terutama di kalangan jemaah Nahdlatul Ulama (NU). Arif mengatakan terlepas adanya unsur kesengajaan atau tidak, secara alamiah akan mempengaruhi ceruk pemilih Islam.

"Apakah Erick Tohir menargetkan atau tidak, kita tidak tahu persis. Namun jika melihat pergerakannya ada peluang dan potensi untuk maju dalam Pilpres 2024," ujar Arif kepada Katadata pada Selasa (30/11).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin mengatakan saat ini Erick Thohir sedang menakar semua cara untuk meningkatkan elektabilitasnya. Bergabungnya Erick Thohir sebagai anggota Banser disinyalir menjadi langkah Erick untuk mendekati pemilih kaum Islam karena potensial pemilihnya yang paling banyak.

Selain dari kaum Islam, Erick Thohir disebut akan merangkul kelompok lainnya karena membutuhkan dukungan dari banyak organisasi dan kelompok masyarakat. Menurut Ujang, Erick Thohir akan berupaya untuk mendekati partai lain terlepas dari porosnya.

"Politik memang seperti itu dan hari ini yang memungkinkan yang bisa didekati ya poros Islam," ujar Ujang kepada Katadata pada Senin (30/11).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengatakan Erick Thohir memiliki halangan besar untuk maju dalam Pilpres 2024. Pertama adalah persentase keterusungan Erick Thohir di parpol sangat kecil jika dibandingkan dengan sosok seperti PDIP dengan Puan Maharani, Gerindra ada Sandiaga Uno, atau Golkar Airlangga Hartarto.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...