KPU Akan Integrasikan Data Pemilu Dengan Data Kementerian

Image title
1 Desember 2021, 15:15
Wali Kota Serang Syafrudin (kanan) menyaksikan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemilu (SIAPEM) di Kantor KPU Kota Serang, Banten, Rabu (7/4/2021). KPU setempat bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang meluncur
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Wali Kota Serang Syafrudin (kanan) menyaksikan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Administrasi Pemilu (SIAPEM) di Kantor KPU Kota Serang, Banten, Rabu (7/4/2021).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengintegrasikan data kepemiluan dengan berbagai data lain yang tersedia di kementerian dan lembaga. 

Komisioner KPU Viryan Aziz mengatakan KPU mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan sembilan kementerian/lembaga terkait manajemen data pada 13-16 November lalu di Denpasar, Bali. KPU juga akan mengintegrasikan data kepemiluan dengan Satu Data Indonesia (SDI) yang sudah dibangun pemerintah. Kebijakan tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data indonesia.

"Nantinya bisa didayagunakan oleh berbagai kementerian lembaga," ujarnya dalam diskusi daring pada Rabu (1/12).

Lebih lanjut, Virya mengatakan KPU ingin Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan dengan efisien, mudah dan sederhana dengan tata kelola data yang terintegrasi antar tahapan pemilu maupun dengan kementerian lembaga terkait.

Viryan berharap agar hasil dari Pemilu 2024 terkait manajemen data yang terintegrasi dengan pemerintah dapat digunakan untuk kepentingan yang lebih baik karena data yang dikelola KPU harus aktual dan sesuai dengan kondisi masyarakat. Biaya besar yang dikeluarkan untuk tahapan pemilu diharapkan juga dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk pemilu tetapi juga untuk urusan negara lainnya.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...