Empat Partai Politik Siap Buka Pintu Bagi Ridwan Kamil

Image title
3 Desember 2021, 13:55
Aktor Hamish Daud dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Instagram/@hamishdw
Aktor Hamish Daud dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Sejumlah partai politik membuka pintu bagi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk bergabung dalam struktur partai. Ini merespons keinginan Ridwan Kamil untuk masuk partai politik  pada tahun depan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional, Eddy Soeparno mengatakan PAN dan Ridwan Kamil memiliki sejumlah kesamaan visi dan misi mengenai penanganan Covid019. Dalam beberapa kesempatan PAN dan Ridwan Kamil disebut telah melakukan diskusi dan dialog bersama.

"Mudah-mudahan, pembahasan kita, dialog kita dengan Kang Emil akan semakin mengerucut dengan harapan bahwa suatu ketika Kang Emil bersama-sama PAN dapat berjalan bersama-sama untuk mengerjakan karya-karya besar," ujar Eddy kepada wartawan pada Jumat (3/12).

Selain PAN, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga membuka pintu bagi Ridwan Kamil untuk menjadi kader PPP. Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengatakan saat ini masih sangat jarang kader yang memiliki latar belakang intelektual, keilmuan dan teknokratis seperti Ridwan Kamil.

Lebih lanjut Arsul mengatakan kondisi ini bisa dibandingkan dengan partai lain yang sudah banyak memiliki sosok latar belakang kuat sehingga terjadi kompetisi internal yang ketat. Kehadiran Ridwan Kamil disebut akan membuat kader di PPP tertantang untuk membuktikan kepemimpinan mereka dengan membangun organisasi dan jaringan kepartaian yang lebih baik.

"Insya Allah kalau di PPP orang dengan kapasitas seperti Kang Emil akan langsung menjadi elit partai dan tidak banyak berkompetisi dengan kader-kader PPP lain," ujar Arsul.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...