Terkait Reshuffle Nasdem Siap Ikut Keputusan Presiden

Image title
6 Desember 2021, 14:11
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman (kiri) disambut Ketum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (Kanan) saat pertemuan di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (29/1/2020). Pertemuan tersebut dalam rangka silahturahmi dan kunjungan balasan k
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman (kiri) disambut Ketum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh (Kanan) saat pertemuan di DPP Nasdem, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Partai Nasdem mengindikasikan siap masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo jika memang Presiden akan melakukan reshuffle kabinet.

Ketua DPP Nasdem Willy Aditya mengatakan bertemunya Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dengan Ketum dari partai lainnya merupakan pertanda akan terjadi reshuffle. Willy juga mengatakan semua partai tentunya ingin masuk dan mendapat peran dalam kabinet jika memang terjadi reshuffle.

Advertisement

"Tinggal bagaimana masalah posisi itu dirembuk pak Jokowi lah. Gimana yang dirasa penting," ujar Willy kepada wartawan pada Senin (6/12) di Kompleks Parlemen.

Meski demikian, Willy mengatakan Nasdem akan mengikut alur dan menghormati setiap keputusan yang diambil oleh Presiden. Terkait kinerja para menteri, Willy menilai kinerja tidak bisa diukur dengan persesi dan penilaian sepenuhnya ada di tangan Presiden.

Indikator terkait kinerja menteri yang pertama adalah realisasi visi dan misi Presiden dari Menteri dan Kementerian terkait. Kemudian adalah terkait pencapaian dalam kementerian yang bersangkutan.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan saat ini Presiden Joko Widodo belum merencanakan kocok ulang para pembantunya. Ia juga menampik kabar perombakan kabinet pada Rabu Pon, 8 Desember mendatang. Jokowi dikabarkan akan mengocok kursi kabinet pada hari baik menurut kalender Jawa, yaitu Rabu Pon.

"Sampai saat ini tidak ada rencana (reshuffle hingga akhir tahun)," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/12).

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement