DPR Lantik Dua Anggota Baru dari PDIP dan Nasdem

Pelantikan antar waktu (PAW) dilakukan untuk menggantikan dua orang anggota DPR yang meninggal dunia.
Image title
7 Desember 2021, 13:22
Irma Suryani Chaniago-Nasdem
Katadata
Irma Suryani Chaniago dilantik menjadi anggota DPR. Sumber: Nasdem

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan Pelantikan Antar Waktu (PAW) terhadap dua anggota legislatif sisa periode 2019-2024 dalam rapat paripurna pada Selasa (7/12).

Kedua anggota legislatif itu adalah Riyanta dari Fraksi PDIP menggantikan Imam Suroso yang meninggal dunia pada 27 Maret 2020. Selain itu ada juga Irma Suryani dari Fraksi Nasdem menggantikan Percha Leanpuri yang juga berpulang pada 19 Agustus 2021.

"Sebelum memangku jabatan anggota dewan perwakilan rakyat, saudara-saudari wajib bersumpah berjanji menurut agama Islam. Apakah saudara-saudari bersedia disumpah menurut agama Islam?," tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dalam rapat paripurna pada Selasa (7/12)..

"Bersedia," jawab kedua anggota.

Pelantikan kedua anggota baru DPR itu dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 137/P Tahun 2021 tentang peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Sebelumnya, dalam rapat paripurna pembukaan masa persidangan sidang II tahun sidang 2021-2022 pada 1 November lalu, DPR melakukan PAW terhadap lima anggota.

Anggota pertama yang digantikan berasal dari Komisi XI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Adang Sudrajat yang meninggal pada 4 Juli lalu. Adang digantikan oleh Diah Nurwita Sari Dapil Jawa Barat II.

Anggota kedua yang digantikan adalah John Siffy Mirin dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) yang meninggal dunia pada 3 Juli lalu. John digantikan oleh Paulus Ubrungge Dapil Papua.

Kemudian Aida Muslimah dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Selatan II menggantikan Syafruddin H. Maming. Syarifuddin yang mengundurkan diri dari DPR karena mencalonkan diri dalam gelaran Pilkada Tanah Bambu 2020.

Selanjutnya Harris Turino dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Tengah IX menggantikan Muhammad Prakosa yang kini telah menjadi Duta Besar Indonesia untuk Italia.

Terakhir adalah Novri Ompungsungu dari PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Selatan II menggantikan Sulaiman Umar yang mengundurkan diri sebagai anggota DPR.

Pelantikan kelima anggota dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 117/P, Nomor 119/P dan Nomor 125/P Tahun 2021 tentang peresmian Pengangkatan Antar Waktu Anggota DPR dan MPR sisa masa jabatan tahun 2019-2024.

Reporter: Nuhansa Mikrefin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait