Kabar Reshuffle Kabinet, PAN Janji Akan Sodorkan Kader Terbaik

Image title
9 Desember 2021, 13:20
reshuffle
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melambaikan tangan ke arah wartawan sebelum pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di kantor DPP PAN, Jakarta, Rabu (29/7/2020).

Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku siap jika diminta oleh Presiden Joko Widodo untuk mengisi posisi dalam kabinet.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan reshuffle adalah sepenuhnya hak Presiden. Namun, Zulkifli menegaskan PAN siap menjawab panggilan Presiden untuk mengisi posisi di kabinet.

"Kalau kader ditugaskan, kita untuk membantu pemerintahan namanya tugas negara pasti kader terbaik akan diberikan," ujar Zulhas di Kompleks Parlemen pada Kamis (9/12).

Lebih lanjut, Zulhas mengatakan PAN mendukung kebijakan pemerintah terutama terkait dengan peraturan perundang-undangan. Ini misalnya soal Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS), Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), dan penyempurnaan Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja). Hal ini karena rapat kerja nasional (rakernas) PAN memutuskan untuk memperkuat pemerintahan.

Zulhas enggan banyak komentar terkait posisi menteri yang akan diisi oleh kader PAN. Ia hanya mengatakan keputusan tersebut merupakan urusan Presiden. PAN juga disebut tidak menunggu-nunggu informasi dari Istana terkait dengan reshuffle kabinet.

"Kita enggak pernah nunggu. PAN biasa aja. Terus berjalan karena menteri itu kan amanah saja gitu ya. Salah satu tugas perjuangan," ujar Zulhas

Sejumlah nama santer dikabarkan masuk bursa menteri, baik untuk jabatan menteri dan wakil menteri. Salah satunya adalah kader PAN yang bergabung ke koalisi pemerintah sejak September lalu. PAN dikabarkan menempati posisi Menteri Perhubungan menggantikan Budi Karya Sumadi karena alasan kesehatan. Para calonnya berkutat antara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...