Delegasi G20 Tidak Akan Jalani Karantina Khusus

Image title
13 Desember 2021, 18:30
Venue G20 di Nusa Dua, Bali
Katadata/Ameidyo Daud Nasution
Venue G20 di Nusa Dua, Bali

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyebut para delegasi G20 tidak perlu menjalani karantina khusus. 

Gubernur Bali Wayan Koster menilai sistem bubble yang sudah diterapkan selama kegiatan G20 beberapa pekan ini sudah aman. Dengan sistem ini, mobilitas peserta G20 dibatasi hanya di tempat-tempat tertentu. Mereka tidak diperkenankan keluar dari lokasi atau 'bubble' yang sudah disiapkan.,

Advertisement

Selain itu, Wayan juga menilai para delegasi yang merupakan pejabat negara bukan sembarang orang yang lalai terhadap kesehatan. Para delegasi dinilai merupakan sosok yang disiplin sehingga gelaran G20 di Bali dinilai sangat aman.

"Saran saya tetep bubble. Memantapkan prinsip bubble ini tidak perlu karantina karena mereka udah sendiri-sendiri," ujar Wayan dalam forum daring pada Senin (13/12).

Kepala Biro Komunikasi Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Andreas Dipi Patria yakin penerapan protokol kesehatan selama G20 di Bali sangat baik. Daerah yang dipilih sebagai  lokasi pada G20 disebut sudah memenuhi standar sesuai dengan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Andreas mengatakan jika lokasi yang dipilih tidak siap dan tidak memenuhi standar maka lokasi tersebut tidak akan direkomendasi menjadi tempat atau venue G20. Pemerintah nantinya akan mengalihkan lokasi ke tempat yang lebih terkendali dan mampu diantisipasi dengan baik.

"Memang konsep bubble travel bisa diterapkan disana. Itu lah yang membuat kita yakin sebenernya bahwa setiap proses dari kegiatan G20 ini mampu kita kendalikan atau kita kontrol dengan baik," ujar Andreas.

Saat ini pemerintah masih menetapkan masa karantina selama tujuh hari. Ini berarti tidak ada delegasi yang bisa keluar masuk sembarangan selama bubble berlangsung.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement