Gerindra Tidak Akan Gugat Presidential Threshold

Image title
16 Desember 2021, 16:49
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani (kanan) melambaikan tangan kearah wartawan saat tiba di kediaman Presiden ke-5 RI Megawati, di Jakarta, Kamis (10/10/2019).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani (kanan) melambaikan tangan kearah wartawan saat tiba di kediaman Presiden ke-5 RI Megawati, di Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menegaskan gugatan kader mereka yakni Ferry Joko Yuliantono ke Mahkamah Konstitusi (MK) soal uji materi Undang-Undang Pemilu tidak mewakili partai.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan Ferry melalui kuasa hukumnya Refly Harun menggugat UU Pemilu terkait dengan ketentuan presidential threshold (PT) sebesar 20%-25%. Muzani mengatakan Gerindra tidak mempersoalkan berapapun angka ambang batas pencalonan presiden. 

"Tapi kalau kemudian ada kebersamaan lain bahwa kita mengevaluasi itu ya mari. Kita enggak ada problem," ujar Muzani di kepada wartawan di Kompleks Parlemen pada Kamis (16/12).

Sementara itu, Ketua DPP Nasdem Saan Mustopa mengatakan tidak akan ada perubahan angka PT karena sebelumnya sudah disepakati bahwa tidak akan ada revisi UU Pemilu.

Atas dasar itu Saan menyebut tidak ada ruang untuk menurunkan presidential threshold dari 20% menjadi 0%. Presidential threshold disebut tidak akan berubah sampai setidaknya setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...