Dipecat Sebagai Pimpinan DPR, Azis Syamsuddin Salahkan Maskur Husain

Image title
23 Desember 2021, 19:12
Azis Syamsuddin
Katadata

Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mencecar Maskur Husain terkait keterangannya yang menyebut pernah menerima uang dari Azis. 

Azis yang menjadi terdakwa dalam kasus penanganan perkara di KPK juga menyalahkan Maskur setelah ia dipecat sebagai pimpinan DPR. Ia beranggapan keterangan Maskur di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) hanya halusinasi. 

"Saudara saksi dengan keterangan Anda ini yang tadi disampaikan Yang Mulia, saya me-refer, bahwa ini membahayakan saya dan saya terbukti pada hari ini menjadi suatu tersangka dan ditahan di tahanan KPK C1, dan saya sudah copot dari Wakil Ketua DPR, dan saya sudah mundur pada tanggal 6 September 2021," ujar Azis.

Maskur yang menjadi saksi dalam kasus ini juga ingin mencabut keterangannya di BAP. Sebelumnya, ia mengaku pernah bertemu dan mendapatkan uang dari Azis Syamsuddin. Namun, dalam kesaksian lanjutan ia justru membantahnya. 

Meski tidak pernah bertemu dengan Azis maupun Aliza, Maskur menyimpulkan menerima uang dari pesanan Azis karena Robin berulang kali mengatakan agar memantau kasus Azis dan Aliza. Azis kemudian mencecar Maskur dan bertanya apakah kesaksian Maskur merupakan asumsi atau halusinasi.

"Tepatnya kayak asumsi saya sih," jawab Maskur, dalam sidang lanjutan (Kamis (23/12).

Maskur Husain selaku pengacara bersama koleganya yakni mantan penyidik Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju diduga membantu Azis untuk mengamankan namanya dalam penyelidikan dugaan tipikor penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBNP Kabupaten Lampung Tengah Tahun Anggaran 2017.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...