Kemenenhub Akan Revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma

Kemenhub akan mengalihkan sejumlah penerbangan ke Bandara Soekarno-Hatta selama pekerjaan revitalisasi berlangsung.
Image title
28 Desember 2021, 07:45
Calon penumpang pesawat mengantre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/12/2021).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.
Calon penumpang pesawat mengantre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (24/12/2021).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana merevitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. 

 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakanrencana revitalisasi saat ini sedang menunggu proses Peraturan Presiden. Selama pekerjaan berlangsung, penerbangan berjadwal dengan rute yang telah eksis, akan dilakukan optimalisasi slot yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

 Sementara itu, untuk rute yang selama ini dilayani dari Bandara Halim Perdana Kusuma tetapi belum ada di Bandara Soekarno-Hatta, nantinya akan diterbitkan rute baru melalui aplikasi Angud Online (AOL).

Selain itu, nantinya untuk penerbangan berjadwal, tidak berjadwal dan kargo yang menggunakan pesawat terbang jet, akan berpindah ke Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan untuk operasional pesawat terbang non jet (propeller) akan dipindahkan ke Bandara Pondok Cabe.

“Kami sudah mengadakan sejumlah pertemuan dengan stakeholder penerbangan terkait perpindahan operasional Bandara Halim Perdana Kusuma ini,” kata Novie dalam keterangan resminya, Senin (27/12).

Terkait navigasi penerbangan, Novie mengatakan bahwa, AirNav Indonesia telah menyampaikan safety assessment terkait pengalihan operasi penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Sementara itu, operator juga akan menyesuaikan skema pengalihan operasi penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Pondok Cabe.

“Kami berharap, proses revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma ini dapat berjalan sesuai rencana, tentunya dengan dukungan penuh dari semua pihak,” katanya.

Ia menjelaskan, aspek-aspek yang harus dipenuhi dalam rangka revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma telah dirapatkan bersama dengan Kementerian/Lembaga terkait. Sehingga, dengan demikian, pada pelaksanaannya semua dapat berjalan lancar, dan masing-masing bisa melaksanakan tugas dan fungsinya.

Adapun aspek-aspek tersebut meliputi administratif, angkutan udara, kebandarudaraan, navigasi penerbangan, keamanan penerbangan, serta kelaikudaraan dan pengoperasian pesawat udara.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait