Bulog Serap 1,2 Juta Ton Beras Petani Selama 2021, Impor Tak Perlu

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Desember 2021, 08:16
Stok beras di Gudang Bulog di Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa, (31/8/2021). Perum Bulog memastikan pasokan beras dalam kondisi aman. Hal ini seiring dengan stok beras yang tersimpan hingga Agustus 2021 sebanyak 1
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Stok beras di Gudang Bulog di Gudang Bulog Kanwil DKI dan Banten di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa, (31/8/2021).

Perum Bulog telah merealisasikan penyerapan beras dalam negeri sebanyak 1,2 juta ton hingga penghujung tahun 2021.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan pemerintah tidak mengimpor beras sepnjang tahun ini karena serapan yang memadai untuk menjamin stok. Menurutnya, impor beras sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut.

"Penyerapan beras dalam negeri ini sangat membantu petani Indonesia yang kesulitan menjual beras mereka selama pandemi Covid-19,” kata Budi dalam keterangan resminya, Selasa (28/12).

Budi menyebut, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), prakiraan produksi beras nasional pada Kuartal I 2022 yakni sebesar 11,61 juta ton. Ia menyampaikan pihaknya selalu siap untuk menyerap kembali produksi tersebut guna menjaga stabilitas harga di tingkat petani, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait kecukupan stok beras dalam negeri. 

"Kegiatan penyerapan gabah dan beras petani dalam negeri ini juga menggerakkan perekonomian di tingkat petani, sehingga dapat memulihkan roda perekonomian selama pandemi Covid-19," katanya.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...