Kemenhub Tambah Dua Koridor Batik Solo Trans, Ini Rutenya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
31 Desember 2021, 08:19
Batik Solo Trans
Katadata
Sejumlah Bus Batik Solo Trans (BST) berkonvoi seusai peluncuran BST koridor 5 dan 6 di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/12/2021). ANTARAFOTO/Maulana Surya/pras.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah dua trase layanan transportasi Batik Solo Trans di Kota Solo.

Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto mengatakan layanan baru yang ditambahkan berupa koridor 5 dan 6 dengan panjang masing-masing 52,6 kilometer dan 21,46 kilometer. Koridor 5 menghubungkan rute Terminal Kartosuro – Pasar Bekonang dengan 23 unit bus siap beroperasi dan 3 unit bus cadangan. Adapun koridor 6 menghubungkan Terminal Tirtonadi – Solobaru dengan 10 unit bus. 

"Kota Solo telah berhasil menjadi rujukan kota-kota yang saat ini tengah mengembangkan angkutan massal layanan Teman Bus," ujarnya, Kamis (30/12).

Suharto mengatakan secara umum, Kota Solo sudah mampu mengimplementasikan master plan penataan angkutan massal perkotaan yang kuat, sekaligus mampu menyadarkan masyarakat bahwa transportasi massal adalah hal yang penting.

"Ke depannya, diharapkan penggunaan transportasi massal di Solo ini dapat membantu mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan bermotor pribadi," kata Suharto.

Ia menjelaskan, saat ini pertumbuhan transportasi khususnya kendaraan pribadi di Indonesia rata-rata mencapai 13% per tahun. Sementara pertumbuhan prasarana rata-rata di bawah 1%, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan kepadatan dan kemacetan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...