Survei: Elektabilitas Golkar Anjlok, Airlangga Hartarto Stagnan

Rezza Aji Pratama
15 Mei 2022, 15:20
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berjalan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan kedua ketua umum partai politik tersebut d
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berjalan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Survei terbaru dari Indometer menyebut elektabilitas Partai Golkar merosot ke posisi lima besar dengan nilai 5,6%.

Direktur Eksekutif Indometer Leonard SB mengatakan anjloknya elektabilitas Golkar sebagai bagian dari koalisi pemerintah patut menjadi perhatian. Sebab, selama ini Golkar selalu berada di pemerintahan dan setiap pemilu menduduki peringkat pertama atau kedua. Pada Pemilu 2019, Golkar tergeser ke peringkat ketiga namun perolehan kursi di DPR terbanyak kedua.

"Turunnya elektabilitas Golkar berkorelasi dengan stagnannya Ketua Umum Airlangga Hartarto dalam bursa calon presiden," jelas Leonard.

Selama ini, menurut Leonard, bursa calon presiden (capres) dikuasai oleh nama-nama seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Sementara, elektabilitas Airlangga masih tertinggal jauh di papan bawah. Jika Golkar ingin tetap mengusung Airlangga sebagai capres, Partai harus menggandeng figur dengan elektabilitas tinggi misalnya Ganjar atau Anies Baswedan.

Sementara itu, peringkat pertama dan kedua elektabilitas partai politik masih diduduki oleh PDI-P dan Gerindra. Temuan survei Indometer PDI-P memperoleh elektabilitas 18,4% dan Gerindra 12,2%. Selanjutnya untuk posisi ketiga diduduki oleh PKB dengan elektabilitas 8,1%, disusul Demokrat 5,8 %.

Adapun di bawah Golkar ada PSI yang meraih elektabilitas 5,2%, PKS 4,7% dan Nasdem 4,2%. Berikutnya PPP 2,5% dan PAN 1,8%  Selain itu, ada juga partai baru yakni Partai Ummat 1,4%dan Gelora 1,2%

Survei Indometer dilakukan pada 20 hingga 27 April 2022 terhadap 1.200 responden di seluruh provinsi dan dipilih secara acak bertingkat survei (multistage random sampling). Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Untuk margin of error survei sekitar 2,98 persen dengan kepercayaan 95 persen.



Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...