Kisruh Harga Migor Bikin Kepuasan Terhadap Jokowi Kembali Turun

Rezza Aji Pratama
15 Mei 2022, 14:46
jokowi
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Sekretariat Presiden-Kris/aww.
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat acara penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Kisruh minyak goreng yang terjadi beberapa bulan terakhir membuat tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali menurun menjadi 58,1%, terendah dalam enam tahun terakhir. 

Hal tersebut diungkapkan dalam riset terbaru yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia terhadap 1.228 responden. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi mengatakan approval rating presiden sudah menurun hingga lima kali sejak Januari 2022.

“Banyak isu yang diuji dalam survei nasional Mei 2022, namun yang berkorelasi langsung dengan approval rating adalah minyak goreng karena produk ini menyumbang tingginya tingkat inflasi,” katanya, dalam keterangan resmi, Minggu (15/5).

Dalam survei tersebut, sebanyak 89,5% responden sejatinya mendukung kepurusan Presiden yang melarang ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya. Namun, sebanyak 72.8% warga masih merasa harga minyak goreng saat ini kurang terjangkau atau tidak terjangkau sama sekali. Survei juga menemukan hanya 5% warga yang membeli minyak goreng curah sesuai HET yang ditetapkan pemerintah. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...