Jepang Berikan Hibah 300 Refrigerator Vaksin Kepada Indonesia

Rezza Aji Pratama
26 Juni 2022, 13:17
Petugas menutup pintu tempat penyimpanan vaksin COVID-19 Sinovac di kantor Dinas Kesehatan Sulsel, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/2/2020). Sebanyak 30 ribu dosis vaksin COVID-19 Sinovac tahap pertama tiba di Makassar yang diperuntukkan bagi tenaga
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa.
Petugas menutup pintu tempat penyimpanan vaksin COVID-19 Sinovac di kantor Dinas Kesehatan Sulsel, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (5/2/2020).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan hibah logistik berupa 300 unit alat refrigerator vaksin dari Pemerintah Jepang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bantuan itu akan dimanfaatkan untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Menurutnya,  fasilitas logistik menjadi salah satu kunci sukses Indonesia dalam program vaksinasi.

"Ada yang bertanya kepada saya, kenapa Indonesia begitu sukses melaksanakan vaksinasi dalam 17 bulan mencapai 415 juta suntikan ke lebih dari 205 juta orang?, Salah satunya adalah karena logistik," katanya, dikutip dari Antara, Minggu (26/6). 

Budi melanjutkan fasilitas penyimpanan vaksin berkontribusi sebesar 15% dalam persiapan negara memerangi pandemi. Ia menyebut selama ini Indonesia mengandalkan tempat penyimpanan vaksin rantai dingin berkisar minus 82 derajat Celcius yang ideal untuk negara tropis.

Tempat penyimpanan vaksin yang dimiliki Indonesia antara lain 44 unit jenis ultra cold storage yang dibeli dari UNICEF melalui Fasilitas COVAX. Alat tersebut saat ini telah disebar ke 34 provinsi di Indonesia dan tersedia di PT Bio Farma Bandung, Jawa Barat.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...