Survei KIC: Descendants of The Sun Drakor Paling Disukai di Indonesia

Rezza Aji Pratama
24 Juli 2022, 14:13
Drakor
Youtube Netflix
Drama Korea Squid Game

Serial 'Descendants of The Sun' menjadi drama korea yang paling disukai orang Indonesia, menurut survei terbaru yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id.

Analis riset dan survei Katadata Insight Center Rizky Aggia mengatakan rating 'Descendants of The Sun' paling tinggi di antara 300 judul drama korea yang sudah ditonton oleh warga Indonesia.

"Banyaknya pilihan K-Drama yang ada membuat sangat beragamnya jawaban responden," kat Rizky, dalam webinar 'Korean Survei KIC X ZIGI: Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia', Minggu (24/7).

Selain 'Descendants of The Sun' yang disukai oleh 8,8% responden, ada beberapa serial drakor lain yang juga menjadi favorit. Ini misalnya 'Goblin' (6,5%), 'Vincenzo (5,9%) dan 'True Beauty' serta 'Squid Game' (5,5%).

Rizky menuturkan drama korea sebetulnya sudah masuk ke Indonesia sejak lama. Serial 'Endless Love' yang ditayangkan di TV swasta pada tahun 2000 dan 'Winter Sonata' di 2022 membuka gerbang masuknya Korean Wave ke Tanah Air.

Survei menunjukkan K-Drama menjadi produk hiburan asal Korea Selatan yang paling banyak disukai di Indonesia dengan jumlah 74,6% responden. Kemudian diikuti oleh K-Pop (Boyband) sebanyak 68,1% responden dan K-Pop (Girlband) 62,5% responden.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...