Survei: Kepuasan Publik Terhadap Pemerintah Tinggi Meski BBM Naik

Rezza Aji Pratama
11 September 2022, 18:23
Pengendara motor antre membeli bahan bakar minyak (BBM) pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022). Antrean di sejumlah SPBU di Surabaya tersebut terkait adanya rencana kena
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.
Pengendara motor antre membeli bahan bakar minyak (BBM) pertalite di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (31/8/2022).

Survei Poligov menyebut tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah masih cukup tinggi di tengah kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Direktur Poligov Muhammad Tri Andika mengatakan sebanyak 60% tetap merasa puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya, kenaikan harga BBM memang menurunkan tingkat kepuasan publik. Namun, angkanya masih relatif aman.

“Penurunannya [tingkat kepuasan publik] sedikit sekali, kurang dair 4%,” katanya dalam keterangan resmi, Minggu (11/9).

Andika mengatakan tingkat kepuasan masyarakat didasarkan pada kinerja pemerintah dalam pembangunan infrastruktur dan proyek-proyek stragis nasional lainnya.

"Kebijakan itu membuat responden masih memberikan skor puas kinerja pemerintah," ungkapnya.

Jika kelak kebijakan terkait dengan harga BBM diubah kembali, dia memperkirakan akan mengembalikan, bahkan meningkatkan tingkat kepuasan masyarakat kepada pemerintah.

Selain itu, survei juga melaporkan sebanyak 80 persen responden berharap agar kebijakan subsidi dalam bentuk barang agar harga lebih terjangkau.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dengan rentang usia 17 tahun atau lebih. Pengambilan sampel dengan teknik multistage random sampling yang dikontrol oleh 30 koordinator lapangan dalam kurun waktu 3—11 Juli 2022 dan 4—9 September 2022 secara daring. Margin of error (MoE) sekitar 3 % pada tingkat kepercayaan 95 %.

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...