Pemerintah Segera Terbitkan Beleid Ekonomi Biru

Rezza Aji Pratama
11 September 2022, 18:35
Pekerja memanen rumput laut jenis Glacilaria Sp di areal tambak Desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat ekspor rumput laut pada semester I/2022 sebesar 275 juta dolar AS atau tumbuh 90,1
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Pekerja memanen rumput laut jenis Glacilaria Sp di areal tambak Desa Pabean udik, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022).

Pemerintah sedang menyiapkan beleid untuk mendorong implementasi strategi ekonomi biru demi memanfaatkan sumber daya lautan secara berkelanjutan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan beleid ini akan fokus pada pertimbangan ekologi dan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya laut. Setelah payung hukum diterbitkan, pemerintah akan mulai melakukan uji coba di beberapa daerah. 

"Sekarang sedang dalam penyiapan payung hukum mudah-mudahan bisa segera selesai," katanya, dilansir dari Antara, Minggu (11/9).

Wahyu menegaskan strategi ekonomi biru merupakan bentuk keberpihakan pemerintah kepada nelayan lokal tradisional. Pemerintah akan menjalan lima strategi dalam penerapan ekonomi biru. 

Pertama, memperluas wilayah konservasi dengan target 30% dari luas wilayah perairan Indonesi. Kedua, penangkapan ikan secara terukur yang berbasis pada kuota penangkapan dan menetapkan zona konservasi di enam zona penangkapan ikan.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...