Pengusaha Indonesia Tekan Kesepakatan Bisnis US$ 3,6 Juta Dengan UAE

Rezza Aji Pratama
24 September 2022, 14:33
pengusaha
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Suasana Kota Dubai terlihat dari gedung Burj Khalifa, Kota Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (14/3/2022).

Sejumlah pengusaha Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) menekan nota kesepahaman bisnis senilai US$ 3,6 juta.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dilakukan oleh 11 pelaku usaha Indonesia dengan dua pengusaha UAE. Adapun perusahaan yang terlibat yakni PT Liza Christina, PT Target Makmur, PT Mitra Sukses Dunia, PT Great Giant Pineapple, dan PT Mega Global Food.

Selain itu ada juga PT Tays Bogiyanti Solaras, PT Daimatu, PT Technoplast, PT Wirasindo Santakarya, Hasibuan Design, dan C- Living Furniture & Custom Work. Adapun dari pihak UAE yakni Yas Export International dan Tarrab Trading Co. LLC.

Produk yang menjadi kesepakatan antara lain garmen, buah-buahan, grocery food , alas kaki, perkakas plastik, furnitur, pencahayaan, dan kerajinan tangan. “Kesepakatan dagang ini menunjukkan kolaborasi yang baik antara dunia usaha kedua negara, termasuk UMKM,” kata Zulkifli, Sabtu (24/9).

Sebelum menyaksikan penandatanganan MoU, Zulkifli melakukan pertemuan bilateral dengan  Menteri Negara Urusan Luar Negeri UAE, Thani bin Ahmed Al Zeyoudi. Salah satu isu yang dibahas yakni ratifikasi persetujuan kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan UAE (IUAE–CEPA).

Pertemuan bilateral tersebut berlangsung usai pertemuan G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) yang berlangsung pada 21–23 September 2022, di Bali. Zulkifli meyakini IUAE–CEPA akan memberikan peluang besar bagi kedua negara untuk tumbuh bersama dan meningkatkan hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi.

Mendag juga menjelaskan, saat ini Indonesia masih menjalankan proses ratifikasi IUAE–CEPA. “Kami akan terus mengawal agar proses ratifikasi dapat selesai sesuai target,” katanya.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...