Rishi Sunak di Mata Warga Inggris: Pilihan Terbaik dari Yang Terburuk

Rezza Aji Pratama
29 Oktober 2022, 13:41
John Sibley Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak meninggalkan Downing Street, di London, Inggris, Kamis (26/5/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/John Sibley/AWW/dj
John Sibley Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak meninggalkan Downing Street, di London, Inggris, Kamis (26/5/2022).

Rishi Sunak resmi menjadi Perdana Menteri Inggris ke-57, menggantikan Mary Elizabeth Truss. Ia menjadi orang Inggris-Asia pertama yang menjadi PM sekaligus menjadi PM termuda dan terkaya. Lantas bagaimana respons warga Inggris terhadap pemimpin barunya tersebut?

Ilya Kachaev, warga London pendukung Partai Konservatif, menyebut Rishi Sunak adalah pilihan terbarik dari yang terburuk. Menurutnya, saat ini kisrush politik Inggris terutama di internal partai sudah sangat parah. Ia melihat Sunak punya pekerjaan berat untuk menyatukan partai sekaligus menyelamatkan ekonomi Inggris.

Advertisement

“Saya pendukung partai konservatif, tetapi kalau saat ini ada Pemilu saya tidak akan memilih mereka,” kata pria keturunan Rusia yang sudah 25 tahun jadi warga Inggris ini.

Rishi Sunak memang punya segudang pekerjaan rumah yang harus segera ia selesaikan. Hanya dalam beberapa bulan terakhir, Inggris sudah gonta-ganti Perdana Menteri. Boris Johnson yang menjadi PM sejak 2019 terpaksa mengundurkan diri. Johnson kehilangan kepercayaan dari para koleganya setelah terseret kasus pelecehan yang melibatkan sekutunya di Partai Konservatif, Chris Pincher. 

Johnson juga ditinggalkan oleh para menterinya saat masih menjabat. Ini termasuk Rishi Sunak yang saat itu menjadi Menteri Keuangan. Boris Johnson resmi mengundurkan diri pada Juli 2022.

Mary Elizabet Truss akhirnya menggantikan Boris Johnson setelah memenangkan kontes internal di Partai Konservatif. Kala itu, pesaing terdekatnya tidak lain adalah Rishi Sunak. Namun, serangkaian kebijakan ekonomi yang buruk dari Truss membuatnya harus mundur setelah 49 hari menjadi menteri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement