Momen Bersejarah, COP27 Sepakati Pembentukan Dana Loss and Damage

Rezza Aji Pratama
20 November 2022, 11:18
COP27
IISD

Perundingan COP27 membuat sejarah baru dengan menyepakati pembentukan dana ‘Loss and Damage’ yang memberikan peluang bagi negara paling terdampak perubahan iklim menerima sejumlah dana dari negara maju.

Loss and Damage (LnD) akhirnya disepakati dalam sidang penutupan (Plennary Closing) COP27 yang dilakukan mulai Minggu (20/11) dini hari pukul 03.30 waktu setempat. Presidensi Mesir sebelumnya menjadwalkan sidang penutupan pada Sabtu (19/11) pukul 18.00 waktu Mesir. Namun, agenda ini terpaksa ditunda hingga pukul 21.00 karena para delegasi belum mencapai kesepakatan. 

Presiden COP27 Mesir Sameh Shoukry yang memimpin sidang memulai agenda Loss and Damage pembahasan pertama. Shoukry menyebut para delegasi berhasil menyepakati LnD dalam perundingan beberapa hari terakhir. Ia akhirnya mengetuk palu untuk meresmikan kesepakatan tersebut. Para delegasi memberikan tepuk tangan meriah merespons keputusan itu. 

Isu Loss and Damage sebelumnya bahkan tidak masuk dalam agenda resmi COP27. “Kami baru berhasil memasukkan ‘Loss and Damage’ dalam pembahasan resmi beberapa menit sebelum COP27 dibuka tanggal 6 November,” kata Utusan Khusus Presidensi COP27 Aboulmagd Wael.

Loss and Damage yang memastikan negara-negara kaya akan menyediakan dana khusus bagi negara-negara terdampak memang menjadi salah satu perdebatan panas selama dua pekan COP27. Beberapa negara seperti Pakistan dan Bangladesh menjadi garda terdepan untuk mendorong mekanisme Loss and Damage.

“Ini momen bersejarah. Puncak dari kerja 30 tahun dan awal dari upaya mengejar keadilan iklim,” kata Nabeel Munir, negosiator Pakistan, dikutip dari The Guardian.

Harapan soal hasil mekanisme Loss and Damage mulai muncul pada Jumat (18/11) pagi, ketika Uni Eropa memasukkan proposal Loss and Damage. Namun, dalam perkembangannya perundingan sempat buntu karena UE menuntut penurunan emisi yang lebih ambisius. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...