Gempa Cianjur: Suplai Air PDAM Segera Normal Empat Hari Lagi

Rezza Aji Pratama
27 November 2022, 08:30
gempa cianjur
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/rwa.
Seorang warga menggendong anaknya melintasi rumah yang rubuh akibat gempa bumi di Cieunder, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Masa tanggap darurat penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur ditetapkan selama 30 hari sejak Senin (21/11/2022).

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mukti Cianjur, Jawa Barat, menargetkan perbaikan pipa yang rusak akibat gempa bisa diselesaikan dalam waktu tiga sampai empat hari ke depan. 

Direktur Teknik PDAM Tirta Mukti, Syamsul Hadi mengatakan gempa 5,6 magnitudo yang melanda Kabupaten Cianjur merusak 13 titik pipa induk. Dari jumlah tersebut, baru enam titik yang berhasil diperbaiki. 

Advertisement

Syamsul mengungkapkan salah satu kendala dalam memperbaiki saluran pipa PDAM yang rusak adalah faktor lalu lintas karena pipa-pipa PDAM berada di sepanjang jalan yang dilalui masyarakat.

Sejak gempa terjadi Senin (21/11), arus lalu lintas Cianjur dan sekitarnya mengalami kepadatan, utamanya proses evakuasi korban gempa. PDAM memprioritaskan terlebih dahulu operasi kemanusiaan untuk evakuasi kemanusiaan. 

Untuk mencukupi kebutuhan pelanggan serta masyarakat yang terdampak gempa, PDAM Cianjur mendistribusikan air bersih menggunakan tangki-tangki air. Upaya ini sempat terkendala mengingat jumlah tangki air yang dimiliki PDAM Cianjur masih sangat terbatas, sementara dampak dari gempa Cianjur menyebar pada 12 kecamatan.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement