Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan 16 Rusun IKN Nusantara

Kementerian PUPR akan membangun 22 rusun bagi belasan ribu pekerja konstruksi IKN Nusantara dengan total anggaran hampir Rp 600 miliar.
Rezza Aji Pratama
18 Desember 2022, 14:10
IKN
Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan 16 rumah susun (rusun) di IKN Nusantara dari 22 unit yang direncanakan. 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan 16 rusun tersebut sudah terbangun dan tinggal pemasangan kelistrikan. Fasilitas ini akan disediakan untuk para pekerja konstruksi IKN. Pembangunan tersebut sudah dimulai sejak 29 Agustus 2022 dan ditargetkan selesai pada Januari 2023. 

“Proses pengerjaannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Gedung - PT. Adhi Karya (Persero) Tbk, KSO dengan nilai kontrak Rp567,008 miliar,” kata Iwan, dalam keterangan resmi, Minggu (18/12). 

Iwan mengatakan setiap rusun memiliki kamar tipe barak yang dilengkapi dengan tempat tidur dan kamar mandi. Selain itu, hunian pekerja tersebut juga akan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti sarana ibadah, mess hall, klinik, dan kantor perwakilan pengelola.

Sebelumnya, Direktur Rumah Susun Kementerian PUPR Aswin Grandiarto Sukahar mengatakan 22 rumah susun tersebut akan dibangun di atas lahan seluar 19,88 hektar. Menurutnya, seluruh rusun tersebut akan ditempati oleh tenaga kerja konstruksi ahli dan tenaga kerja konstruksi terampil. 

Konstruksi 22 rusun tersebut akan dibagi menjadi dua wilayah. Wilayah pertama akan menampung tenaga kerja konstruksi ahli sebanyak 10.336 orang, sementara itu wilayah kedua akan menampung tenaga kerja konstruksi terampil hingga 6.272 orang. 



Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait