Gunung Kerinci Erupsi, Maskapai Disarankan Hindari Jalur Penerbangan

Rezza Aji Pratama
4 Februari 2023, 08:19
Erupsi Gunung
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/YU
Pengendara melintas saat Gunung Kerinci mengembuskan gas dan material ke udara yang terlihat dari Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Sabtu (5/11/2022).

Gunung api Kerinci kembali mengalami erupsi pada Sabtu (4/2) pagi dengan durasi kurang lebih 1 jam 40 menit. 

Pos Pengamatan Gunung api Kerinci melaporkan erupsi terjadi pada pukul 06.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 200 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 2 mm. 

Pada Jumat (3/2), Pos Pengamatan Gunungapi Kerinci juga melaporkan erupsi terjadi dengan durasi 4 menit. Gunung mengalami erupsi terjadi pukul 02.30 WIB namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Pos pengamatan pun merekomendasi agar masyarakat di sekitar gunung dan wisatawan agar menjauhi kawah dalam radius 3 kilometer. Petugas juga menyarankan bagi maskapai agar menghindari jalur penerbangan di sekitar gunung tersebut. 

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kerinci Seblat wilayah I Nur Hamidi mengatakan jalur pendakian Kerinci sudah ditutup sejak 19 Oktober 2022.

"Kami masih menunggu rekomendasi PGA Kerinci untuk pembukaan jalur," katanya, seperti dilansir dari Antara.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...