Kanada Sediakan 15 Juta Dolar Dana Perubahan Iklim untuk Indonesia

Rezza Aji Pratama
23 Februari 2023, 15:15
Fincapes Kanada-Indonesia
Univesitas Prasetya Mulya

Kanada menyediakan dana mitigasi dan adaptasi perubahan iklim hingga 15 juta dolar dengan melibatkan sejumlah universitas di Indonesia.

Dana ini akan disalurkan oleh Universitas Waterloo Kanada melalui program Flood Impacts, Carbon Pricing, and Ecosystem Sustainability (Fincapes). Proyek ini melibatkan Universitas Prasetya Mulya dan Institut Pertanian Bogor. 

Rektor Universitas Prasetya Mulya Djisman Simanjutntak mengatakan Fincapes adalah program kemitraan pemerintah dengan negara-negara di kawasan Asia-Pasifik. Fincapes akan mendukung Indonesia dalam menyusun strategi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. 

Menurut Djisman, Prasmul juga akan berkontribusi terhadap pendanaan senilai 750 dolar kanada untuk riset terkait ekonomi karbon. “Model pembelajaran kami yang teruji sejak lama, bisa direplikasi dan dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk menangani persoalan kompleks seperti perubahan iklim,” ujar Djisman. 

Kepala Kerjasama Pembangunan Kanada untuk Indonesia, Kevin Tokar, mengatakan dalam strategi itu, Kanada memandang Indonesia punya posisi yang sangat penting, terutama dalam hal perubahan iklim. 

“Seperti kita tahu, pemerintah Indonesia saat ini punya komitmen untuk melakukan transisi energi demi mengurangi emisi karbon. Pemerintah Kanada mendukung inisiatif baik tersebut,” ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...