Karhutla Mengintai, 16,4 Juta Ha Gambut Rentan Terbakar di 2023

Rezza Aji Pratama
2 Maret 2023, 14:42
karhutla
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Tiga petugas kepolisian melakukan pembasahan pada lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gang Ibrahim, Jalan Perdana, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (22/2/2023).

Ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali muncul di tahun ini. Studi terbaru organisasi nirlaba Pantau Gambut menyebutkan sekitar 16,4 juta hektare area gambut di Indonesia rentan terbakar di 2023. 

Peneliti dan Analis Data Pantau Gambut, Almi Ramadhi mengatakan sekitar 3,8 juta hektare di antaranya bahkan masuk kategori kerentanan tinggi (high risk), sedangkan 12,6 juta lainnya masuk kategori medium.

Almi menyebutkan jika melihat dari proporsi area Kesatuan Hidrologi Gambut (KHG) yang rentan terbakar, Provinsi Papua Selatan menjadi provinsi dengan KHG rentan terbanyak.  Ini misalnya, 97% dari total 1.421 hektare area KHG Sungai Ifuleki Bian–Sungai Dalik berada pada tingkat kerentanan tinggi. 

Sementara itu, jika merujuk pada sisi luasan area,Pantau Gambut menemukan wilayah dengan risiko tinggi terluas berada pada Provinsi Kalimantan Tengah dengan total luasan lebih dari 1,13 juta hektare yang tersebar di 13 KHG. 

“KHG Sungai Kahayan–Sungai Sebangau dengan daerah high risk terluas ini berada di dalam lokasi eks-PLG (Proyek Pengembangan Lahan Gambut) satu juta hektare pada masa Soeharto dan saat ini sebagian eks-PLG menjadi bagian dari proyek Food Estate,” ujarnya, Rabu (2/3).

Almi mengatakan Pantau Gambut juga melakukan analisis titik panas (hotspot) menggunakan tiga citra satelit dan mencatat kemunculan 1.275 hotspot sejak Januari hingga Februari 2023. 

Ia menyebutkan sebanyak 381 titik panas berada di wilayah high risk dan 520 titik panas pada wilayah medium risk. “Temuan-temuan di atas mengindikasikan adanya korelasi antara ekosistem gambut, kerentanan karhutla, dan kebakaran berulang,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Kampanye Pantau Gambut Wahyu Agung Perdana mengatakan meskipun Presiden sudah mengancam untuk mencopot pejabat TNI dan Polri jika kebakaran terjadi, upaya itu belum cukup. 

“Ancaman ini seolah menjadi kegiatan seremonial tahunan dan mengindikasikan pemerintah belum menyentuh solusi untuk menangani akar masalah karhutla,” ujarnya. 

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...