KLHK Gandeng Badan Lingkungan AS Perkuat Mitigasi Perubahan Iklim

Rezza Aji Pratama
5 April 2023, 15:54
KLHK
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/rwa.
Warga berjalan di antara sampah-sampah plastik saat kegiatan Gerebek Sampah di Sungai Anafre, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (18/3/2023).

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berkolaborasi dengan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (US-EPA) untuk memperkuat relasi bilateral perlindungan lingkungan dan aksi iklim.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Administrator EPA Michael Regan di Jakarta. Ini berisi kerangka kolaborasi untuk berbagai isu seperti mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, pengelolaan kualitas udara, air dan limbah, pendidikan lingkungan, penegakkan hukum, hingga sirkular ekonomi. 

 "Nota kesepahaman ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk menempatkan masalah pengelolaan sampah sebagai prioritas utama," ujar Siti, dalam keterangan resmi, Kamis (5/4).

Menurut Siti, sebagian besar peraturan lingkungan Indonesia terinspirasi oleh peraturan EPA. Nota kesepahaman tersebut dibangun berdasarkan Kemitraan Strategis Amerika Serikat-Indonesia yang didirikan pada tahun 2015 Nota kesepahaman itu juga mendukung implementasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim yang telah diratifikasi kedua negara.

 Selanjutnya, KLHK dan EPA akan membentuk kelompok kerja bersama untuk mengembangkan rencana aksi dan mengoordinasikan kegiatan di bawah nota kesepahaman yang akan berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang dengan persetujuan bersama.

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...