BNPB Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla di Tujuh Provinsi

Rezza Aji Pratama
7 Juni 2023, 11:51
Karhutla
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/foc.
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel berupaya memadamkan api yang membakar lahan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (29/5/2023).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menetapkan status siaga darurat bencana karhutla dan kekeringan di tujuh provinsi prioritas.

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan hingga 1 Juni 2023, setidaknya sudah terjadi 112 kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla di Indonesia). Tahun ini, BNPB menetapkan tujuh provinsi prioritas yang menjadi langganan karhutla. Adapun ketujuh provinsi tersebut adalah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Timur. 

Suharyanto menyebut Indonesia akan memasuki musim kemarau yang lebih kering dari tahun-tahun sebelumnya karena pengaruh dari El Nino. Ini membuat lembaga tersebut akan fokus pada upaya pencegahan hingga penanganan darurat bencana hidrometeorologi kering. INi termasuk antisipasi karhutla hingga kekeringan akibat faktor cuaca.

“Diprediksi potensi kejadian karhutlanya lebih besar dari tiga tahun terakhir,” kata Suharyanto dalam keterangan resmi, Rabu (7/6). 

Kepala BNPB memulai rangkaian pencegahan dengan mengunjungi Riau untuk memimpin rapat koordinasi penanganan karhutla pada Rabu (7/6). Ia dijadwalkan untuk meninjau titik lokasi karhutla secara langsung melalui udara.

Menurut Suharyanto, BNPB sudah menyiagakan helikopter untuk patroli hingga water bombing di Riau. Di sisi lain, BNPB bersama BRIN, BMKG dan TNI juga mengupayakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...