Gerai Roti Breadtalk Berganti Jadi Mako, Ini Profil Keduanya

BreadTalk didirikan oleh George Quek pada 24 April 2000 di Singapura dan masuk ke Indonesia tiga tahun kemudian.
Amelia Yesidora
10 Januari 2023, 14:10
Gerai Mako
Instagram Mako Cake and Bakery

Akhir tahun lalu, media sosial ramai dengan spekulasi pergantian nama BreadTalk menjadi MAKO Cake and Bakery. Pasalnya, gerai MAKO berdiri di bekas gerai BreadTalk, seperti di Blok M Plaza Jakarta, Gandaria City Jakarta, dan Villa Melati Mas Tangerang Selatan. 

Sebelumnya, Katadata telah berupaya mengonfirmasi isu ini, tetapo belum ada tanggapan yang diterima. Di sisi lain, Katadata menemukan bahwa kedua gerai ini berada di bawah dua perusahaan yang berbeda pula. BreadTalk dikelola oleh PT Talkindo Selaksa Anugrah, sementara Mako dikelola PT Mako Anugrah Kreasindo.

BreadTalk, Asal Singapura dan Dan Diperluas Johnny Andrean

Sementara itu, gerai roti BreadTalk didirikan oleh George Quek pada 24 April 2000 di Singapura. Gerai pertama berdiri pada Juli 2000 di Bugis Junction dengan produk khasnya roti floss. Adapun gerai ini berdiri sebagai anak dari induk bisnis BreadTalk Group Limited.

Ide gerai roti ini muncul kala Quek pulang dari perantauannya di Taiwan. Ia melihat ada banyak roti berkualitas tinggi di Jepang dan Taiwan. Quek lalu mengonsepkan gerai roti dengan dapur terbuka tanpa bahan pengawet bernama BreadTalk. Seiring berjalannya waktu, Quek sudah melakukan diversifikasi bisnis dengan jenama Toast Box, Food Republic, Din Tai Fung, dan lain-lain. 

BreadTalk sempat melantai di Bursa Efek Singapura sejak 4 Juni 2003 namun delisting pada 5 Juni 2020. Dilansir dari laman The Straits Times, aksi ini menyusul akuisisi dari induk usaha BreadTalk Group Holding. 

Selain itu, perusahaan ini pun mencatatkan rugi sebanyak 5,8 juta dolar singapura sepanjang 2019 dan mulai Maret 2020 pun mengurangi gaji pekerjanya. Media lokal menyebut pemotongan gaji ini berkisar dari 10% hingga 50% dari Maret hingga Juni 2020. 

Gerai ini mulai masuk ke Indonesia pada Maret 2003 dengan inisiatif dari pebisnis Johnny Andrean. Gerai pertamanya berada di Mall Kelapa Gading, Jakarta, sebagai gerai kuliner pertamanya. Adapun Johnny mendesain inovasi berupa dapur terbuka, sehingga pengunjung bisa melihat proses produksi roti dan kue yang dijual. 

Maka, PT Talkindo Selaksa Anugrah hanya mempunyai lisensi pemasaran, berbeda dengan J.Co. yang memang hasil kreasi dari Johnny Andrean. 

Mako, Gerai Roti yang Dikabarkan milik Putri Johnny Andrean

Dari laman resmi perusahaan, Mako adalah sebuah gerai roti yang terinspirasi dari gaya Jepang. Adapun produk-produknya berupa roti, kue kering, dan kue basah. Dari pemberitaan Kompas, Mako masih bagian dari Johnny Andrean Group. 

Berbagai pemberitaan menyebutkan Mako dikelola oleh putrinya, Jessica Andrean. Ia diketahui sempat menimba ilmu di sekolah kuliner internasional di Le Cordon Bleu Tokyo. Katadata pun sudah mencoba mengonfirmasi terkait pemberitaan ini, namun belum ada tanggapan dari pihak Mako Anugrah Kreasindo.

Mako terhitung sebagai gerai roti baru, karena baru meresmikan toko pertama di Bandung pada Jumat (4/12) lalu. Lokasi tepat gerai ini berada di Jalan Merdeka nomor 54, Citarum. Sesuai konsep yang terinspirasi Jepang, interior toko pun dipenuhi warna terang dan kayu alami. 

Reporter: Amelia Yesidora
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait