Cara Ganti Password Gmail dari Laptop dan Hp

Image title
16 September 2021, 12:40
Ilustrasi cara ganti password Gmail di laptop.
Firmbee/Pixabay
Ilustrasi cara mengganti password Gmail di laptop.

Mengganti password Gmail sebaiknya diaplikasikan secara berkala agar akun aman dari tangan-tangan jahat yang bertebaran di dunia maya. Makanya, cara ganti password Gmail perlu diketahui para pengguna e-mail Google ini.

Tidak bisa dimungkiri, penggunaan akun Gmail begitu dibutuhkan dalam berbagai sektor kehidupan, mulai dari urusan pendidikan, pekerjaan, hingga media sosial. Akun Gmail menjadi salah satu pintu masuk bagi pengguna internet untuk mengakses berbagai platform  digital.

Advertisement

Di awal  kemunculuannya, surat elektronik ini sempat dianggap hanya lelucon. Mengutip Time dalam artikel “How Gmail Happened: The Inside Story of its Launch 1o Years Ago” oleh Harry McCracken menyebutkan sejumlah pihak sangsi dengan penawaran layanan penyimpanan sebesar 1 GB untuk 1 akun yang diberikan Google.

Namun, keraguan masyarakat terjawab sejak peluncurannya pada 1 April 2004. Dari waktu ke waktu, e-mail rancangan Paul Buchheit ini terus mengembangkan sistem dan layanannya. Mulai dari fasilitias, keamanaan, dan kemudahaan.

Hingga pada 2012, Gmail memperbesar kapasistas penyimpanannya menjadi 10 GB. Angka ini terus mengalami peningkatan. Perkembangan Gmail dari waktu ke waktu membuatnya semakin digandrungi masyarakat. Pada 2018 lalu, melalui akun Twitter-nya, Gmail mengumumkan jumlah pengguna aktif mereka menyentuh angka 1,5 miliar. Angka ini jauh meninggalkan saingannya, Hotmail dan Yahoomail.

Membeludaknya jumlah pengguna dan popularitas mengharuskan Gmail dan masing-masing penggunanya harus saling bersinergi untuk melindungi akun Gmail dari peretas. Sejumlah akun Gmail juga dipergunakan untuk hal-hal krusial, seperti m-banking, dompet digital, broker, hingga aplikasi sosial media. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengganti password akun Gmail.

Mengutip Support Google, berikut cara ganti password Gmail dari laptop, handphone, dan iPhone/ iPad:

Cara Ganti Password Gmail di Laptop

berikut cara mengubah sandi Gmail di laptop:

  • Masuk ke laman accounts.google.com.
  • Jika lupa kata sandi, Anda bisa mengklik “Lupa Password” atau kata sandi yang terletak di bawah kolom login.
  • Masukan alamat Gmail Anda.
  • Klik “Berikutnya” dan masukan kata sandi lama.
  • Ikuti prosesnya hingga selesai. Beberapa di antaranya merupakan verifikasi kalau Anda memang benar-benar pemilik akun.

Jika tidak berhasil mengubah password masuk kembali ke akun Gmail. Jawab beberapa pertanyaan dan pemulihan email beserta nomor handphone pemulihan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement