9 Manfaat Keju untuk Kesehatan dan Diet

Dwi Latifatul Fajri
16 September 2021, 15:48
9 Manfaat Keju untuk Kesehatan dan Diet
Heinz-Kraft/ Youtube

Keju menjadi makanan populer di Indonesia. Ada berbagai makanan dan minuman olahan yang dicampur keju. Contohnya saja roti keju, pasta keju, pizza keju, sampai minuman cheese tea (teh campur keju).

Keju adalah makanan yang diolah yang dibuat dari fermentasi susu dengan jangka waktu tertentu. Ada beberapa jenis keju seperti keju mozzarella, cheddar, keju rendah lemak dan masih banyak lagi.

Beberapa orang yang sedang diet menghindari makanan ini. Selain itu orang menghindari keju karena alergi susu atau intoleransi laktosa. Keju juga dianggap memiliki kandungan lemak yang tinggi. Padahal, makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh karena kandungan nutrisinya.

Manfaat Keju Untuk Kesehatan

1. Tekanan darah

Keju mengandung kalsium, natrium, dan rendah lemak. Kandungan ini berfungsi untuk menurunkan tekanan daarah. Mengutip medicalnewstoday.com, statistik menunjukkan orang yang makan keju lebih banyak memiliki tekanan darah rendah.

Jika Anda ingin menurunkan tekanan darah, konsumsi keju rendah lemak dan sodium. Ada jenis keju rendah lemak yaitu keju Swiss, keju cottage, keju ricotta, parmesan, feta, dan keju kambing, dan keju krim rendah lemak. Beberapa keju cheddar juga memiliki kandungan rendah lemak.

Tetapi keju rendah lemak tidak direkomendasikan untuk Anda yang ingin diet. Keju rendah lemak dapat mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan untuk energi ketika diet.

2. Kesehatan otak

Keju mengandung kolesterol dan natrium tinggi yang menyebabkan masalah kardiovaskular/ jantung. Namun, penelitian tahun 2014 menyimpulkan makanan dari susu ini mempunyai antioksidan glutathione yang baik. Antioksidan penting untuk kesehatan otak dan mencegah degenerasi saraf terkait usia.

3. Menyehatkan pembuluh darah

Penelitian tahun 2016, menemukan bahwa antioksidan dalam keju dapat melindungi terhadap efek negatif natrium dalam jangka pendek. Pada penelitian berhasil membuktikan keju dapat menyehatkan pembuluh darah.

dari hasil studi, orang yang konsumsi keju susu memiliki pembuluh darah lebih baik daripada orang yang mengonsumsi keju kedelai.

4. Membantu kinerja usus

Keju dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus. Proses pengolahan keju dilakukan dengan fermentasi dan penggunaan bakteri baik. Selain itu, keju memiliki efek positif pada kadar kolesterol darah.

5. Manfaat keju untuk diet

Hasil penelitian membahas mengenai indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi, memiliki kadar kalsium rendah. Rutin konsumsi keju dapat membantu menjaga berat badan. Hal ini karena kalsium pada keju bermanfaat untuk diet dan menurunkan berat badan.

6. Asam lemak omega-3

Beberapa keju yang berkualitas didapatkan dari susu sapi yang sapi yang memakan rumput dari pegunungan Alpen. Pegunungan Alpen merupakan pegunungan tertinggi di Eropa.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...