16 Manfaat Daun Bidara untuk Merawat Tubuh dan Kulit

Daun dan buah bidara ini memiliki berbagai nutrisi penting untuk kesehatan. Berikut manfaat daun bidara.
Dwi Latifatul Fajri
20 September 2021, 14:46
16 Manfaat Daun Bidara untuk Merawat Tubuh dan Kulit
pixabay.com

Daun bidara atau jujube (ziziphus mauritiana) adalah pohon berbuah yang bisa tumbuh di daerah kering. Daun bidara memiliki berbagai nutrisi penting untuk kesehatan.

Bidara termasuk pohon yang cepat bertumbuh, berduri, dan membentuk semak. Di beberapa negara, pohon ini menjadi gulma berbahaya seperti Australia, Afrika Selatan, pulau di samudra Pasifik, dan Hindia. Namun, beberapa negara di Asia menggunakan buah dan daun bidara untuk pengobatan tradisional, karena mengandung serat, vitamin C, B, dan asam lemak.

Di Indonesia, bidara tumbuh dan dibudidayakan di Madura, Maluku, Bali, hingga Jawa. Pohon bidara bisa tumbuh pada ketinggian kurang lebih 500m diatas permukaan laut.

Manfaat Daun Bidara

1. Daun Bidara mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting untuk menjaga kesehatan yang bisa mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Minum daun bidara yang telah direbus bisa mengatasi infeksi radikal bebas ketika olahraga atau bernapas.

Radikal bebas ini umumnya berasal dari polusi, petisida, radiasi, asap rokok, sinar matahari, dan asap kendaraan. Radikal bebas bisa menyebabkan reaksi berbahaya bagi tubuh dan kulit dan bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan.

2. Vitamin C, B, dan A

Buah bidara mengandung vitamin C, B, dan A. Ketiga vitamin ini memperbaiki dan menahan kerusakan sel tubuh. Selain itu dapat mengurangi stres oksidatif  berbahaya dan peradangan.

3. Mencerahkan kulit

Tanda-tanda penuaan biasanya terjadi karena kulit kusam dan radikal bebas. Buah bidara mengandung vitamin C dan antioksidan yang menyehatkan kulit. Mengkonsumsi buah ini dapat memberikan kulit yang sehat dan bebas jerawat.

4. Anti inflamasi

Kandungan fitokimia bahan kimia alami ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bidara mengandung flavonoid dan polisakarida untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

5. Obat tidur alami

Bidara mengandung fitokimia seperti saponin dan flavonoid. Kandungan ini bisa memicu perubahan neurotransmiter, sehingga membuat anda lebih mudah tertidur. Mengutip thesleepdoctor.com, bidara bisa membantu menenangkan aktivitas di wilayah otak. Kandungan flavonoid bisa memicu kantuk.

6. Anti depresan

Bidara mengandung ansiolitik yang bisa meningkatkan kualitas tidur, bersantai pada otak, dan memberi efek anti kecemasan.

7. Menurunkan gula darah

Beberapa ilmuan menemukan bidara memiliki kandungan vitamin A. Vitamin ini berguna untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensivitas insulin. Penelitian lain menemukan bidara memiliki adiponektin, hormon yang bisa mengatur glukosa darah dan metabolisme.

8. Pencernaan sehat

Daun bidara bisa menjadi obat tradisonal untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, sakit perut, dan sembelit. Selain itu, rebusan daun ini bisa mengurangi asam lambung, mengobati sakit maag, dan sembelit.

9. Kesehatan jantung

Antioksidan dan anti-inflamasi bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, bidara bisa meningkatkan kolesterol baik.

Sementara penelitian lain, buah bidara bisa mengurangi penumpukan zat di arteri. Penumpukan zat bisa membuat aliran darah terganggu.

10. Melindungi otak

Daun dan buah bidara bermanfaat untuk perlindungan sel saraf dan otak. Manfaat lainnya yaitu melindungi sel saraf, memperbaiki memori, meningkatkan pembeajaran, dan menjaga terhadap gangguan kognitif. Bidara bisa mengurangi penyebab kerusakan otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

11. Mencegah penyakit kanker

Senyawa dalam bidara seperti saponin, flavonoid, antioksidan, polisakarida, dan triterpenoid, bisa memperlambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Selain itu vitamin C pada bidara memiliki khasiat untuk penyembuhan sel kanker.

Laporan penelitian Pharmacognosy Review tahun 2015, meneliti potensi anti kanker pada buah bidara. Peneliti menyimpulkan senyawa bioaktif yang ada dalam buah bidara bisa melawan kanker.

12. Mengurangi gejala diabetes

Manfaat daun bidara bisa membantu mengurangi gejala diabetes. Pharmaceutical Biology pada 2010 melakukan percobaan pada tikus. Hasilnya bidara dapat membantu mengelola diabetes dan mengatur gula darah.

13. Penyembuhan luka

Daun bidara rebus bisa digunakan sebagai pengobatan herbal. Daun bidara bisa membantu mempercepat penyembuhan luka, meredakan sinar UV, mengurangi kerutan, sampai merawat kulit kering.

14. Manfaat lain

Beberapa manfaat dari daun bidara yaitu mengobati demam, batuk, diare, asma, kelelehan, dan kecemasan.

15. Manfaat buah bidara kering

Buah bidara bisa dikeringkan kemudian dimasak. Buah bidara kering mengandung gula dan kalori tinggi daripada buah segar. Selama proses pengeringan, gula dalam buah menjadi pekat. Selain itu proses pengeringan juga menambah gula tambahan.

16. Sumber energi

Buah bidara mengandung gula alami yang bisa memberikan energi tubuh. Buah ini juga bisa menjadi menu diet.

Kandungan buah bidara

Buah bidara seberat 3 ons (100 gram) memiliki kandungan nutrisi:

  • Kalori: 79
  • Protein: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 20 gram
  • Serat: 10 gram
  • Vitamin C: 77% dari Nilai Harian 
  • Kalium: 5% dari DV

Morfologi Tanaman Bidara

1. Batang

Batang bidara bentuknya bulat dan berkayu. Warna batang ini biasanya hijau keabu-abuan. Pada batang ada ruas dan duri yang tajam berwarna kemerahan.

2. Daun

Bidara memiliki daun berbentuk bundar atau bulat telur oval. Daun ini memiliki tiga tulang daun. Warna daun biasanya hijau muda dan hijau tua, tepi daun tumpul atau membulat dari bawah daun berwarna putih

3. Buah

Buah bidara bentuknya hampir sama seperti tomat. Bagian dalam warnanya putih dan rasanya manis. Biji buah bidara bentuknya kecil, berwarna coklat, sementara kulit buah halus dan hijau mengkilat.

Buah bidara yang masih muda warnanya hijau, sedangkan bidara berubah warna merah ketika matang.

4. Bunga

Bunga bidara tumbuh di sekitar ketiak daun. Warna bunga putih kekuningan, bentuknya seperti bintang, dan bunga tunggal.

Kandungan Tanaman Bidara

Mengutip dari skripsi berjudul "Efektivitas Ekstrak Tanaman Bidara Upas (Zizyphus spinachristi L)Terhadap Pengendalian Bakteri Staphylococcuss aureus" bidara mengandung tiga bahan kimia.

Tiga bahan kimia itu adalah polifenol, saponin, dan tannin. Ada senyawa yang digunakan untuk pengobatan yaitu alkaloid, fenol, flavanoid, dan terpenoid.

  • Flavonoid

Pada tumbuhan bidara, flonoid digunakan sebagai proses fotosintesis, zat mikroba, antivirus, dan antiinsektisida. Flavonoid ini dihasilkan dari jaringan tumbuhan untuk respon terhadap infeksi atau luka.

  • Saponin

Dalam bahasa latin sapo artinya sabun, karena sifatnya seperti sabun.

  • Tannin

Tannin adalah senyawa aktif metabolit sekunder. Tannin memiliki khasiat sebagai antidiare dan antioksidan.

Itulah penjelasan mengenai manfaat daun dan buah bidara. Buah bidara kaya akan antioksidan dan bergizi. Anda bisa merebus daun bidara untuk pengobatan dan makan buah bidara secara langsung.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait