16 Manfaat Daun Bidara untuk Merawat Tubuh dan Kulit

Dwi Latifatul Fajri
20 September 2021, 14:46
16 Manfaat Daun Bidara untuk Merawat Tubuh dan Kulit
pixabay.com

Daun bidara atau jujube (ziziphus mauritiana) adalah pohon berbuah yang bisa tumbuh di daerah kering. Daun bidara memiliki berbagai nutrisi penting untuk kesehatan.

Bidara termasuk pohon yang cepat bertumbuh, berduri, dan membentuk semak. Di beberapa negara, pohon ini menjadi gulma berbahaya seperti Australia, Afrika Selatan, pulau di samudra Pasifik, dan Hindia. Namun, beberapa negara di Asia menggunakan buah dan daun bidara untuk pengobatan tradisional, karena mengandung serat, vitamin C, B, dan asam lemak.

Di Indonesia, bidara tumbuh dan dibudidayakan di Madura, Maluku, Bali, hingga Jawa. Pohon bidara bisa tumbuh pada ketinggian kurang lebih 500m diatas permukaan laut.

Manfaat Daun Bidara

1. Daun Bidara mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa penting untuk menjaga kesehatan yang bisa mengurangi radikal bebas di dalam tubuh. Minum daun bidara yang telah direbus bisa mengatasi infeksi radikal bebas ketika olahraga atau bernapas.

Radikal bebas ini umumnya berasal dari polusi, petisida, radiasi, asap rokok, sinar matahari, dan asap kendaraan. Radikal bebas bisa menyebabkan reaksi berbahaya bagi tubuh dan kulit dan bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan.

2. Vitamin C, B, dan A

Buah bidara mengandung vitamin C, B, dan A. Ketiga vitamin ini memperbaiki dan menahan kerusakan sel tubuh. Selain itu dapat mengurangi stres oksidatif  berbahaya dan peradangan.

3. Mencerahkan kulit

Tanda-tanda penuaan biasanya terjadi karena kulit kusam dan radikal bebas. Buah bidara mengandung vitamin C dan antioksidan yang menyehatkan kulit. Mengkonsumsi buah ini dapat memberikan kulit yang sehat dan bebas jerawat.

4. Anti inflamasi

Kandungan fitokimia bahan kimia alami ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bidara mengandung flavonoid dan polisakarida untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan peradangan.

5. Obat tidur alami

Bidara mengandung fitokimia seperti saponin dan flavonoid. Kandungan ini bisa memicu perubahan neurotransmiter, sehingga membuat anda lebih mudah tertidur. Mengutip thesleepdoctor.com, bidara bisa membantu menenangkan aktivitas di wilayah otak. Kandungan flavonoid bisa memicu kantuk.

6. Anti depresan

Bidara mengandung ansiolitik yang bisa meningkatkan kualitas tidur, bersantai pada otak, dan memberi efek anti kecemasan.

7. Menurunkan gula darah

Beberapa ilmuan menemukan bidara memiliki kandungan vitamin A. Vitamin ini berguna untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sensivitas insulin. Penelitian lain menemukan bidara memiliki adiponektin, hormon yang bisa mengatur glukosa darah dan metabolisme.

8. Pencernaan sehat

Daun bidara bisa menjadi obat tradisonal untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti kembung, sakit perut, dan sembelit. Selain itu, rebusan daun ini bisa mengurangi asam lambung, mengobati sakit maag, dan sembelit.

9. Kesehatan jantung

Antioksidan dan anti-inflamasi bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, bidara bisa meningkatkan kolesterol baik.

Sementara penelitian lain, buah bidara bisa mengurangi penumpukan zat di arteri. Penumpukan zat bisa membuat aliran darah terganggu.

10. Melindungi otak

Daun dan buah bidara bermanfaat untuk perlindungan sel saraf dan otak. Manfaat lainnya yaitu melindungi sel saraf, memperbaiki memori, meningkatkan pembeajaran, dan menjaga terhadap gangguan kognitif. Bidara bisa mengurangi penyebab kerusakan otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

11. Mencegah penyakit kanker

Senyawa dalam bidara seperti saponin, flavonoid, antioksidan, polisakarida, dan triterpenoid, bisa memperlambat pertumbuhan berbagai sel kanker. Selain itu vitamin C pada bidara memiliki khasiat untuk penyembuhan sel kanker.

Laporan penelitian Pharmacognosy Review tahun 2015, meneliti potensi anti kanker pada buah bidara. Peneliti menyimpulkan senyawa bioaktif yang ada dalam buah bidara bisa melawan kanker.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...