Ragam Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Alternatif Bagi Kesehatan

Image title
20 September 2021, 10:53
Ilustrasi manfaat kayu manis dalam masakan kue
Pixabay
Ilustrasi kayu manis dalam masakan kue

Tanaman kayu manis atau yang memiliki nama Cinnamomum merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang ada di Indonesia. Kayu manis cukup lazim ditemukan di beberapa penjuru di Indonesia, karena wilayahnya yang tropis dan memiliki persebaran yang rata baik hujan maupun panas.

Walaupun demikian, kayu manis bukan tanaman asli Indonesia. Dalam kita-kitab perjanjian lama sudah cukup sering disebutkan. Bahkan digambarkan bahwa kayu manis sudah menjadi bumbu makanan tertua di dunia. Tercatat, Bangsa Mesir kuno menggunakannya sebagai bumbu dapur sejak lima 5000 tahun lalu.

Untuk menggunakannya kayu manis dapat direbus terlebih dahulu lalu diminum dengan segelas air. Untuk variasi juga bisa dicampur jahe, jeruk nipis ataupun madu. Khasiatnya juga beraneka ragam, dari mengobati radang sendi, kulit dan jantung.

Manfaat Kayu Manis

Selain itu, seperti yang dilansir dari Halodoc.com, ada manfaat lain dari kayu manis yang bisa digunakan untuk sehari-hari:

1. Meminimalisir Risiko Diabetes

Para ahli kesehatan melakukan banyak penelitian dan menemukan bahwa air rebusan kayu manis dapat menurunkan diabetes. Meski hampir semua jenis kayu putih bisa dijadikan obat atau suplemen demi mencegah diabetes. Namun jenis yang paling dinilai bermanfaat adalah Cassia.

2. Mengobati Nyeri pada Perempuan Saat Datang Bulan

Datang bulan atau menstruasi bagi perempuan terkadang menjadi momok tersendiri. 'Tamu bulanan' ini terkadang membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman.

National Library of Medicine mencatat sebuah penelitian dengan judul: The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial. Dalam penelitian itu disebutkan bahwa para wanita cukup membuat minuman dengan 3 gram kayu manis dengan rutin. Hasilnya minuman tersebut terbukti lebih berkhasiat dibandingkan dengan efek pil plasebo. Ramuan ini sudah diujicobakan kepada sejumlah wanita dan hasilnya terbukti dari testimoni mereka.

3. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Kayu manis mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Tentunya kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Bila rutin meminumnya, dapat membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu kerusakan jaringan atau sel dalam tubuh.

4. Mengurangi Risiko Peradangan

Kandungan inflamasi dalam kayu manis memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Salah satunya, untuk mengurangi risiko radang. Tentunya manfaat kayu manis akan terasa bila dikonsumsi secara rutin dan tepat yaitu dengan direbus menggunakan air putih.

5. Menambah Jumlah Kolesterol Baik Dalam Tubuh

HDL (high-density lipoprotein) adalah kolesterol yang bertugas untuk membersihkan kelebihan muatan kolesterol yang berbahaya di dalam darah. Kemudian membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dijuluki dengan 'kolesterol baik'.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...