Ragam Manfaat Kayu Manis Sebagai Obat Alternatif Bagi Kesehatan

Beragam manfaat kayu manis yang mudah tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia
Image title
20 September 2021, 10:53
Ilustrasi manfaat kayu manis dalam masakan kue
Pixabay
Ilustrasi kayu manis dalam masakan kue

Tanaman kayu manis atau yang memiliki nama Cinnamomum merupakan salah satu tanaman rempah-rempah yang ada di Indonesia. Kayu manis cukup lazim ditemukan di beberapa penjuru di Indonesia, karena wilayahnya yang tropis dan memiliki persebaran yang rata baik hujan maupun panas.

Walaupun demikian, kayu manis bukan tanaman asli Indonesia. Dalam kita-kitab perjanjian lama sudah cukup sering disebutkan. Bahkan digambarkan bahwa kayu manis sudah menjadi bumbu makanan tertua di dunia. Tercatat, Bangsa Mesir kuno menggunakannya sebagai bumbu dapur sejak lima 5000 tahun lalu.

Untuk menggunakannya kayu manis dapat direbus terlebih dahulu lalu diminum dengan segelas air. Untuk variasi juga bisa dicampur jahe, jeruk nipis ataupun madu. Khasiatnya juga beraneka ragam, dari mengobati radang sendi, kulit dan jantung.

Manfaat Kayu Manis

Selain itu, seperti yang dilansir dari Halodoc.com, ada manfaat lain dari kayu manis yang bisa digunakan untuk sehari-hari:

1. Meminimalisir Risiko Diabetes

Para ahli kesehatan melakukan banyak penelitian dan menemukan bahwa air rebusan kayu manis dapat menurunkan diabetes. Meski hampir semua jenis kayu putih bisa dijadikan obat atau suplemen demi mencegah diabetes. Namun jenis yang paling dinilai bermanfaat adalah Cassia.

2. Mengobati Nyeri pada Perempuan Saat Datang Bulan

Datang bulan atau menstruasi bagi perempuan terkadang menjadi momok tersendiri. 'Tamu bulanan' ini terkadang membuat kondisi badan menjadi tidak nyaman.

National Library of Medicine mencatat sebuah penelitian dengan judul: The Effect of Cinnamon on Primary Dysmenorrhea: A Randomized, Double Blind Clinical Trial. Dalam penelitian itu disebutkan bahwa para wanita cukup membuat minuman dengan 3 gram kayu manis dengan rutin. Hasilnya minuman tersebut terbukti lebih berkhasiat dibandingkan dengan efek pil plasebo. Ramuan ini sudah diujicobakan kepada sejumlah wanita dan hasilnya terbukti dari testimoni mereka.

3. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Kayu manis mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Tentunya kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Bila rutin meminumnya, dapat membantu tubuh menghindari paparan radikal bebas yang dapat menjadi pemicu kerusakan jaringan atau sel dalam tubuh.

4. Mengurangi Risiko Peradangan

Kandungan inflamasi dalam kayu manis memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Salah satunya, untuk mengurangi risiko radang. Tentunya manfaat kayu manis akan terasa bila dikonsumsi secara rutin dan tepat yaitu dengan direbus menggunakan air putih.

5. Menambah Jumlah Kolesterol Baik Dalam Tubuh

HDL (high-density lipoprotein) adalah kolesterol yang bertugas untuk membersihkan kelebihan muatan kolesterol yang berbahaya di dalam darah. Kemudian membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, HDL dijuluki dengan 'kolesterol baik'.

Dalam hal ini kayu manis memiliki peran untuk meningkatkan kolesterol baik. Dengan rutin meminum rebusan kayu manis, kolesterol baik dalam tubuh juga akan alami peningkatan signifikan dan pastinya dapat membuat badan menjadi lebih sehat.

6. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan menjadi salah satu pengantar penyakit ke dalam tubuh. Pola makan yang tidak benar juga menjadi penyebabnya. Bila obesitas mendera, penyakit lain juga akan ikut berdatangan.

Kayu manis bisa menjadi solusi bila ada yang memiliki problem dengan berat badan. Kandungan anti-inflamasi dianggap mampu menambah performa kesehatan pencernaan. Sehingga olahan makanan dalam tubuh dapat menjadi lebih baik.

Tentunya kayu manis akan dapat bermanfaat bila digunakan dengan baik, serta tidak berlebihan. Bila berlebihan mampu menimbulkan efek samping bagi badan. Namun, bila hanya digunakan sebagai bumbu atau perasa, efek samping tersebut dapat dicegah.

Potensi Pengembangan Kayu Manis di Indonesia

Setelah membahas manfaat kayu manis, kami lanjutkan dengan pengembangannya baik dari sektor pertanian ataupun bisnis. Ada beberapa indikator mengapa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar terhadap kayu manis:

1. Sumber Daya di Indonesia Sangat Memadai

Baik Sumber Daya Manusia (SDM) atau Sumber Daya Alam (SDM) Indonesia memiliki kapasitas yang baik. Potensi untuk mengembangkan usaha agribisnis kayu manis di Indonesia cukup besar mencakup hampir semua subsistem, baik pada subsistem agribisnis hulu maupun subsistem hilir.

Yuke Octavianty dalam bukunya yang berjudul 'Top 15 Tanaman Perkebunan' menyebutkan Indonesia memiliki teknologi, tenaga ahli, dan jumlah penduduk yang bisa dikaryakan untuk pengembangan tanaman ini.

2. Ketersediaan Lahan

Kayu manis di Indonesia tumbuh subur di seperti Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Daerah yang mempunyai tanah subur, gembur dengan drainase yang baik serta kaya akan bahan organik andosol, latosol dan organosol.

3. Memiliki Kondisi Cuaca yang Baik

Tanaman ini menghendaki wilayah dengan curah hujan yang banyak sepanjang tahun dan tanpa ada musim kering panjang. Dengan curah hujan berkisar antara 2.000-2.500 mm/tahun dan suhu harian berkisar antara 19-23,3 oC, kayu manis menjadi habitat yang baik di Indonesia.

Demikianlah manfaat dan alasan mengapa kayu manis bisa menjadi komoditas pilihan bagi iklim bisnis pebobatan alternatif di Indonesia. Manfaatnya yang beragam dan pengelolaannya yang mudah bisa menjadi rujukan dalam berobat tanpa haru menggunakan bahan kimia. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait