Mitos Nanas Bagi Ibu Hamil, Apa Benar Bisa Menggugurkan Kandungan?

Image title
20 September 2021, 16:53
Ilustrasi Mitos Nanas Bagi Ibu Hamil
Garon Piceli/pexels
Ilustrasi ibu hamil

Dalam percakapan sehari-hari sering terdengar mitos nanas bagi ibu hamil. Ada yang bilang bahwa nanas dapat membahayakan bagi ibu hamil. Atau memiliki dampak untuk menggugurkan kandungan sang ibu. Namun opini tersebut bukanlah fakta dan hanya menjadi kabar desas-desus belaka tanpa ada kepastiannya.

Dilansir dari Halodoc.com pernyataan bahwa nanas berbahaya bagi ibu hami hanyalah mitos belaka. Tidak ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa nanas yang dikonsumsi oleh ibu hamil muda maupun tua dapat mengugurkan kandungan.

Advertisement

Pernyataan bahwa nanas dapat merusak kandungan ibu hamil, muncul karena melihat kandungan bromelain dalam buah tersebut. Bromelain adalan salah satu jenis enzim yang dapat memecah protein dalam tubuh. Akibat dari mengonsumsi  enzim tersebut secara berlebihan adalah pendarahan yang tidak normal.

Namun, kandungan bromelain dalam inti nanas masih bisa dikatakan wajar, bahkan bisa dikatakan sedikit. Oleh karenanya jumlah bromelaian dalam satu porsi nanas tidak memungkinkan untuk menggugurkan kandungan. Bila buah ini dikonsumsi secara wajar tidak akan menimbulkan efek samping apa pun.

Bila ibu hami masih nekat memakan terlalu banyak buah nanas, dampak terburuknya adalah mulas dan gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, bagi mereka yang memiliki alergi juga bisa mengalami gangguan dan reaksi antara lain: Gatal, pembengkakan, timbulnya ruam, dan hidung tersumbat atau meler. Reaksi ini akan timbul dalam beberapa menit setelah makan nanas. Kalau ibu mengalami alergi setelah makan nanas, segera hentikan konsumsinya.

Takaran Sehat Konsumsi Buah Nanas untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi satu buah nanas dapat memenuhi 100% Vitamin C harian bagi ibu hamil. Nutrisi lainnya di dalam nanas juga bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti: sumber folat, besi, magnesium, mangan, tembaga, serta vitamin B-6 yang baik. Semua nutrisi ini penting untuk perkembangan bayi dan kesehatan ibu hamil secara keseluruhan.

Rahmanisa dalam tulisannya yang berjudul "Pengaruh Enzim Bromelin Buah Nanas (Ananas comosusL.) terhadap Awal Kehamilan" menyebut bahwa nanas memicu kontraksi atau melunaknya leher rahim. Ibu hamil tidak boleh memakan buah nanas sebanyak delapan buah sehari. Artinya, selama para ibu hamil tidak mengonsumsi sebanyak itu, maka nanas aman dikonsumsi untuk sehari-hari.

Kandungan Gizi Dalam Nanas

Untuk mengupas mitos soal nanas yang membahayakan kandungan, dilansir Katadata.co.id menyajikan tabel gizi yang dilansir dari Alodokter.com. Dalam setiap 100 gram buah nanas, terdapat 50 kalori dan beragam nutrisi, sebagai berikut:

  • 0,5 gram protein.
  • 1,5 gram serat.
  • 13 gram karbohidrat.
  • 10 gram gula.
  • 60 IU vitamin A.
  • 48–50 miligram vitamin C.
  • 18 mikrogram folat.
  • 110 miligram kalium.
  • 12 miligram magnesium.

Selain nutrisi yang disebut di atas, ada juga kandungan gizi lainnya seperti vitamin B, kolin, selenium, zinc, dan antioksidan.

Nanas Menjadi Simbol Kemewahan

Di balik mitos soal bahaya keguguran bagi ibu hamil, ada sejumlah kisah mengenai nanas. Pada masa abad ke-17, buah berwarna kuning tersebut baru saja tersebar dari wilayah asalnya yaitu Amerika Selatan.

Mengutip Coppens d'Eeckenbrugge dalam artikelnya yang berjudul "Morphology, Anatomy, and Taxonomy " disebut bahwa nanas adalah simbol kemewahan di Eropa pada abad ke-17. Dikarenakan bentuknya yang serupa dengan mahkota.

Manfaat Nanas

Ada sejumlah manfaat yang bisa diambil dari buah nanas, berikut penjelasannya:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement